detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 09:56 WIB

BPN Imbau Tak Ada Aksi MK: Doakan Hakim Ambil Keputusan Sesuai Nurani

Tsarina Maharani - detikNews
BPN Imbau Tak Ada Aksi MK: Doakan Hakim Ambil Keputusan Sesuai Nurani Juru Debat BPN Prabowo, Sodik Mudjahid (Foto: Istimewa)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengimbau para pendukung agar tidak menggelar aksi di kawasan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) saat pembacaan putusan sengketa Pilpres 2019. BPN menyarankan agar para pendukung sebaiknya mendoakan hakim MK agar mengambil keputusan terbaik.

"Lebih baik berdoa secara khusyuk di masjid dan tempat ibadah masing-masing agar Allah memberikan bimbingan kepada para hakim MK untuk mengambil keputusan sesuai dengan nurani yang paling suci," kata juru debat BPN Sodik Mujahid kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).


"Dan agar Allah memberi kekuatan dan keberanian kepada para hakim untuk bersikap independen dan bebas pengaruh apapun," imbuh dia.

Sodik pun kembali menegaskan imbauan sang capres yang meminta para pendukung tidak datang ke gedung MK. Ia berharap pesan dari Prabowo didengar dan ditaati para pendukung.


"Pak Prabowo mengimbau dengan tegas jelas dan berkali-kali untuk tidak turun ke MK, bahkan mengutip ayat Alquran diminta untuk bersikap sami'na wa atho'na, kami dengar dan kami patuh," ujarnya.

MK telah mengumumkan pembacaan putusan gugatan hasil Pilpres 2019 digelar pada Kamis (27/6). "RPH hari ini sudah selesai, putusan dimajukan tanggal 27 (Juni)," ujar juru bicara MK Fajar Laksono, Senin (24/6).

Polri juga telah mengimbau semua pihak agar tak menggelar aksi massa pada 26-29 Juni 2019. Polri menyebut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum bersifat limitatif atau terbatas.

"Mabes Polri sudah mengimbau untuk tidak melakukan mobilisasi massa pada tanggal 26, 27, 28 maupun pascaputusan pada tanggal 29 (Juni). Dan Mabes Polri sudah menyampaikan untuk di area gedung MK (Mahkamah Konstitusi) itu daerah steril, tidak boleh ada kegiatan massa di sana," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/6).



Tonton video Upaya Rekonsiliasi Pasca-Putusan Sidang Pilpres di MK:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dkp)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com