detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 09:23 WIB

Polisi Amankan 4 Remaja yang Terlibat Penyerangan Polsek Batin XXIV

Ferdi - detikNews
Polisi Amankan 4 Remaja yang Terlibat Penyerangan Polsek Batin XXIV Polsek Batin (Foto: Istimewa)
Jambi - Polisi menangkap empat remaja yang terlibat dalam aksi penyerangan dan perusakan Mapolsek Batin XXIV di Kabupaten Batanghari, Jambi. Mereka ditangkap di kediaman masing-masing.

"Empat orang sudah kita tangkap, kita tangkap di rumah mereka masing-masing. Mereka ini statusnya masih pelajar, mereka juga mengaku mengambil sejumlah barang, seperti sepatu dinas polisi serta yang lain-lain. Saat ini mereka masih kita lakukan pemeriksaan," kata Direktur Kriminal Umum Polda Jambi AKBP Edi Faryadi, Selasa (25/6/2019).


Penangkapan itu dilakukan oleh tim gabungan dari Direktorat Kriminal Umum Polda Jambi beserta Polres Batanghari. Hanya, dari penangkapan itu, polisi tidak menahan empat remaja tersebut lantaran masih berstatus pelajar atau anak di bawah umur.

"Keempat anak itu berinisial AR (16), AK (16), MF (15), dan HA (15). Semuanya merupakan warga Kabupaten Batanghari," ujar Edi.

Saat ini tim gabungan juga tengah terus melakukan penyelidikan atas kasus penyerangan Polsek Batin XXIV. Dia memastikan akan ada tersangka lainnya dalam kasus penyerangan dan perusakan Mapolsek Batin XXIV.

"Pelaku utamanya masih kita buru dan kasus ini pasti akan kita kembangkan. Dan untuk keempat orang anak di bawah umur itu saat ini tidak ditahan, melainkan dilakukan wajib lapor saja karena mereka masih di bawah umur," kata Edi.

"Mereka tersebut dikenakan pasal Undang-Undang Anak sehingga mereka tersebut nantinya akan diperadilkan di peradilan anak," lanjutnya.


Sementara itu, Kapolres Batanghari Jambi AKBP Mohamad Santoso menyatakan empat remaja tersebut ditangkap juga karena mencuri barang-barang saat penyerangan. Empat remaja yang ditangkap juga turut melempari kaca-kaca mapolsek saat penyerangan.

"Ya, jadi keempat anak itu kita lakukan penangkapan setelah dari hasil pemeriksaan kita. Mereka itu juga terlibat dalam aksi penyerangan dengan melempari kaca-kaca dan merusak yang lainnya. Tidak hanya itu mereka juga ada melakukan pencurian sejumlah barang-barang di Mapolsek itu," kata Kapolres Batanghari Jambi AKBP Mohamad Santoso saat dihubungi detikcom.

Sebelumnya, pada Sabtu (22/6), kantor Mapolsek Batin XXVI di Kabupaten Batanghari, Jambi, diserang dan dirusak oleh sekelompok orang. Kejadian tersebut dipicu oleh tewasnya Gun Harapan, Ketua DPC PPP Kabupaten Batanghari Jambi, setelah berkelahi dengan pelaku pencurian.

Tewasnya Gun tersebutlah yang membuat warga naik pitam. Warga yang sudah tersulut emosi mencari tersangka di Mapolsek Batin XXIV. Pada saat kejadian, massa yang diperkirakan terdiri atas ratusan orang langsung mencari keberadaan tersangka di mapolsek untuk dihakimi. Namun mereka tidak menemukan tersangka yang mereka cari hingga massa memukul semua kaca di ruang kerja serta merusak dua kendaraan dinas milik polisi.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com