detikNews
2019/06/24 20:30:36 WIB

Round-Up

Sisi Lain PPDB DKI: Ortu Antre Pagi Buta hingga Rela Bolos Kerja

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sisi Lain PPDB DKI: Ortu Antre Pagi Buta hingga Rela Bolos Kerja Pendaftaran PPDB DKI di SMPN 129 Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Pendaftaran PPDB DKI 2019 jalur zonasi hari pertama menyisakan berbagai cerita. Mulai orang tua yang rela antre dari pagi-pagi buta hingga bolos kerja. Semua demi anak.

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI 2019 jalur zonasi untuk SMP-SMA dibuka pada 24-26 Juni 2019. Pendaftaran dilakukan dengan mendatangi sekolah tujuan atau sekolah terdekat untuk verifikasi berkas dan memperoleh akun.

Meski pendaftaran baru dibuka pada pukul 08.00 WIB, berbagai sekolah sudah didatangi orang tua calon siswa sejak matahari belum tampak. Ada pula cerita orang tua yang rela bolos kerja demi bisa mendaftar PPDB online.



Berikut cerita-cerita tentang pendaftaran PPDB DKI:

Datang ke Sekolah Sejak Pukul 05.00 WIB

Salah seorang orang tua murid bernama Elsi Musidah mengatakan datang pada pukul 05.00 WIB. Dia beralasan datang lebih pagi agar mendapat nomor antrean lebih lebih awal.

"Jam 05.00 WIB saja saya dapat nomor antrean 26. Sekarang kan informasinya sudah sampai 400," kata Elsi Musidah di SMPN 115 Jakarta, Jl KH Abdullah Syafei, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Pendaftaran PPDB di SMPN 115 Jakarta / Pendaftaran PPDB di SMPN 115 Jakarta (Rengga Sancaya/detikcom)


Gantian Antre dengan Suami

Salah seorang orang tua calon siswa di SMAN 8 Jakarta, Dianti, bergantian dengan suami untuk antre. Pada pukul 04.30 WIB, sang suami sudah berada di salah satu SMA favorit itu.

"Suami dari Subuh, 04.30 WIB. Tapi tadi ayahnya anak saya, lalu saya melanjutkan. Ya kami bekerja ya, jadi first come first service saja sih," ujar Dianti saat keluar dari ruang pendaftaran PPDB SMAN 8 Jakarta, Jalan Taman Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2019).



Pusing Isi PPDB Online

Ada orang tua yang pusing dan kesulitan memilih sekolah di laman PPDB DKI 2019 karena pendaftaran dilakukan secara online. Di SMAN 39 Jakarta, ada operator yang disiapkan panitia untuk membantu orang tua mengakses PPDB online.

"Dari rumah saya sudah pusing kan, aduh... harus masukin data secara daring, tapi untung ada petugas yang bantu, akhirnya selesai juga," ucap salah satu orang tua bernama Ridwan, seperti dilansir Antara.

Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi / Pendaftaran PPDB jalur zonasi di SMAN 8 Jakarta (Agung Pambudhy/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed