detikNews
Sabtu 22 Juni 2019, 07:11 WIB

HUT Jakarta ke-492, Kenali Sejarahnya

Niken Widya Yunita - detikNews
HUT Jakarta ke-492, Kenali Sejarahnya HUT Jakarta ke-492, Kenali Sejarahnya/Foto: Matius Alfons/detikcom
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Jakarta - Hari ini Jakarta berulang tahun ke-492. Bagaimana sejarah asal-usul Jakarta?

Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia dan terletak di bagian barat laut Jawa.

Jakarta memiliki beberapa nama seperti Sunda Kelapa selama periode Kerajaan Sunda. Selain itu Jayakarta dan Batavia.



Nama Jakarta berasal dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung. Nama tertua Jakarta adalah Sunda Kelapa. Kata Sunda muncul di Jawa Barat, yaitu pada Prasasti Kebon Kopi II dan Prasasti Cicatih di Cibadak, yang menyebutkan tentang seorang raja maupun Kerajaan Sunda.

Sunda Kelapa adalah pelabuhan yang menjadi tempat singgahnya kapal-kapal dari berbagai negara seperti dari India, China, dan Jepang. Kemudian Fatahillah datang dari Banten dan merebut Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527. Kala itu nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta. Jayakarta memiliki arti membuat kemenangan.

Kemudian pada 30 Mei 1619 Kota Jayakarta berhasil dikuasai oleh Belanda. Sejak saat itul, nama Jayakarta menjadi Batavia. Kemudian pada masa penjajahan Jepang pada 1942, nama Batavia diganti menjadi Jakarta.



Nah, ada acara apa saja pada HUT ke-492 Jakarta? Acara puncak perayaan ulang akan digelar di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Perayaan akan ditayangkan secara live streaming mulai pukul 19.40 - 20.00 WIB di portal detik.com dan CNNIndonesia.com, on air pukul 20.00 - 21 .00 WIB di Trans TV dan CNN Indonesia Transvision serta live streaming di portal detik.com dan CNNIndonesia.com, dilanjutkan dengan live streaming pukul 21.00 - 21.45 WIB di portal detik.com dan CNNIndonesia.com.

Beragam artis ibu kota akan hadir memeriahkan perayaan HUT Jakarta. Ada penampilan dari Pasha, Kotak, Siti Badriah, hingga Wali. Jalan MH Thamrin di sekitar Dukuh Atas hingga Sarinah akan ditutup saat perayaan tersebut.

Selain perayaan, ada juga promo-promo menyambut hari ulang tahun Jakarta. Pada 21 Juni, tiket masuk Ancol gratis. Hari ini, promo gratisnya yakni naik Transjakarta.

Selamat Ulang Tahun ke-492 Jakarta!
(nwy/nwy)
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com