detikNews
Sabtu 22 Juni 2019, 06:57 WIB

Pungli dan Bikin Macet, 23 Orang Jukir Liar di Makassar Diciduk

Reinhard Soplantila - detikNews
Pungli dan Bikin Macet, 23 Orang Jukir Liar di Makassar Diciduk Juru parkir liar di Makassar ditangkap karena melakukan pungli dan membuat kemacetan (Foto: Reinhard Soplantila/detikcom)
Makassar - Ulah juru parkir (jukir) liar membuat resah masyarakat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tidak tanggung-tanggung, para jukir memungut biaya mencapai Rp 40 ribu bagi para pengunjung di salah satu acara konser musik.

"Yang kami amankan ada 23 orang. Tarif yang mereka berlakukan berjumlah Rp 40 ribu bagi mobil dan untuk kendaraan motor Rp 20 ribu," ujar Komandan Regu Penindak Gangguan Kamtibmas (Penikam) Polrestabes Makassar, Bripka Emir Sholihan, kepada wartawan, Sabtu (22/6/2019).


Tim Polrestabes Makassar menangkap 23 orang jukir liar tersebut di sepanjang kawasan Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar. Para jukir menggunakan badan jalan sebagai area parkir.

Akibatnya, terjadi kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang parkir. Setelah mendapat laporan, polisi pun menindak para jukir.


"Mendapat laporan dari masyarakat bahwa di Jalan Metro Tanjung Bunga telah terjadi kemacetan panjang diakibatkan banyaknya juru parkir liar," jelas Emir.

Saat dilakukan pemeriksaan para jukir ini tidak dilengkapi dengan izin resmi dari pemerintah daerah. Polisi juga mendapati uang ratusan ribu rupiah hasil pungutan parkir liar dari para pelaku.


"Adapun yang didapati berupa barang bukti uang parkir yang jumlahnya kurang lebih Rp 800 ribu," imbuh Emir.

23 orang juru parkir liar ini kemudian dibawa ke Mapolrestabes Makassar untuk diperiksa dan diproses hukum lebih lanjut.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com