detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 18:18 WIB

KPK: Jangan Sampai Seleksi Capim Jadi Celah Pelemahan dari Dalam

Ibnu Hariyanto - detikNews
KPK: Jangan Sampai Seleksi Capim Jadi Celah Pelemahan dari Dalam Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK kembali menyampaikan wanti-wanti perihal proses seleksi calon pimpinan (capim) lembaga antirasuah tersebut. KPK meminta agar para kandidat yang lolos nanti adalah yang benar-benar berniat memperkuat pemberantasan korupsi.

"Jangan sampai proses seleksi ini menjadi celah atau ruang bagi pihak-pihak yang selama ini ingin menyerang atau melemahkan KPK," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

"Karena itulah, KPK berharap hasil dari proses seleksi ini nanti dapat memperkuat KPK, bukan justru melemahkan KPK dari dalam," imbuh Febri.
Untuk itulah, Febri benar-benar meminta Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK mengecek rekam jejak para kandidat. Selain itu, dia meminta publik memberikan informasi detail soal rekam jejak para kandidat.

"Dulu KPK pernah mendapatkan katakanlah hasil kajian bahwa dari begitu banyak upaya-upaya untuk melemahkan KPK, dari banyak upaya yang dulu disebut corruptor fight back, maka salah satu titik yang rawan itu ialah proses seleksi pimpinan KPK," kata Febri.

"Titik rawan ini harus kita jaga bersama, maka kita mengajak banyak pihak, masyarakat, jurnalis di kampus, dan panitia seleksi untuk sama-sama menjaga hal tersebut terjadi," imbuhnya.



Simak Juga "Urgensi dan Strategi Pansel Cegah Capim KPK Terpapar Radikalisme":

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed