detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 15:55 WIB

Demo Tolak IMB Reklamasi, Massa Bakar Ban di Depan Balai Kota DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Demo Tolak IMB Reklamasi, Massa Bakar Ban di Depan Balai Kota DKI Massa dari PMII Jaktim berunjuk rasa di depan Balai Kota menolak penerbitan IMB reklamasi. (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Belasan massa yang mengaku dari Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Jakarta Timur menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Dalam tuntutannya, massa menolak penerbitan IMB di reklamasi.

Massa menggelar demo di depan Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019). Massa membakar ban dan menutup sebagian lajur yang menyebabkan lalu lintas sedikit tersendat.


Massa PMII Jaktim membakar ban.Massa PMII Jaktim membakar ban. (Foto: Muhammad Fida/detikcom)


Massa juga membentangkan poster yang memprotes penerbitan IMB di Pulau Reklamasi. Pengunjuk rasa meminta Anies menepati janji kampanyenya yang terkait reklamasi.

"PC PMII Jakarta Timur Tolak dan Hentikan Proyek Reklamasi (Proyek Tipu-tipu Rakyat). Tangkap dan Adili Mafia Reklamasi. Anies Harus Tepati Janji pada Rakyat Terkait Reklamasi," tulis poster yang dibentangkan massa.

Koordinator lapangan Abraham mengatakan warga harus menelan pil pahit karena janji yang tidak direalisasikan oleh Anies. Dia menolak penerbitan IMB di Pulau Reklamasi.

"Pengurus Cabang PMII menuntut beberapa hal di antaranya, menolak penerbitan IMB proyek reklamasi untuk Pulau D," kata Abraham dalam orasinya.




Abraham mendesak KPK memanggil Anies terkait terbitnya IMB Pulau D. Dia menilai penerbitan IMB tersebut kontroversial.

"Mendesak KPK memanggil dan memeriksa Anies Baswedan terkait terbitannya IMB Pulau D yang menuai kontroversi," sebutnya.

Massa juga mendesak oknum anggota DPRD DKI Jakarta yang menjadi makelar Pulau Reklamasi segera ditangkap. Mereka juga meminta anggota dewan tersebut segera diadili.

"Tangkap dan adili anggota DPRD DKI Jakarta yang diduga menjadi makelar reklamasi," ujar Robiatul.


Penerbitan IMB di Pulau Reklamasi dari Kaca Mata Pengamat:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com