detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 16:09 WIB

Menteri Yohana: Anak-anak Dijadikan Bisnis oleh Pasutri Pamer Hubungan Seks

Ray Jordan - detikNews
Menteri Yohana: Anak-anak Dijadikan Bisnis oleh Pasutri Pamer Hubungan Seks Foto: Yohana Yembise (Rengga Sancaya)
Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise menanggapi soal kasus pasangan suami istri yang mempertontonkan adegan seks kepada anak-anak dengan syarat harus memberikan bayaran uang. Yohana berharap pasangan suami istri tersebut harus mendapatkan hukuman berat.

"Pasti perlu. Itu kan ada undang-undangnya," kata Yohana ditemui wartawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/6/2019).


Yohana menilai anak-anak yang menyaksikan langsung adegan hubungan seks tersebut merupakan korban. Terlebih, pasangan suami istri itu mengutip bayaran dari anak-anak tersebut.

"Anak-anak itu sudah digunakan untuk kepentingan bisnis. Itu sudah melanggar undang-undang Perlindungan Anak. Orang dewasa tidak boleh menggunakan anak-anak demi kepentingan mereka," katanya.


Untuk itu Yohana mengatakan pihaknya akan turun ke lapangan untuk mengawal kasus ini. Pihaknya juga akan melakukan pendekatan secara psikologis terhadap anak-anak yang menjadi korban tersebut.

"Tetap nanti akan ada pendekatan anak secara psikologis. Namun kedua pelaku yang menggunakan anak untuk mendapatkan uang, itu akan ditindaklanjuti hukum karena sudah melanggar UU Perlindungan Anak," tegasnya.

"Anak-anak sebenarnya tidak paham dan tidak mengerti. Namun ini digunakan sebagai alat untuk bisnis," imbuhnya.


Yohana juga menambahkan pihaknya akan melakukan sosialisasi dan edukasi di lingkungan masyarakat, terutama terhadap anak-anak. Dia tak mau kejadian serupa terulang.

"Itulah. Kami akan tetap sosialisasi dan edukasi di lingkungan itu supaya jangan sampai terjadi lagi hal-hal seperti itu. Karena teknologi digital ini ada pengaruh yang negatif, namun juga positif," katanya.

Dia juga mengingatkan peran orang tua dalam mengawasi anak-anak. Masyarakat sekitar juga harus peka terhadap pergaulan anak.

"Orang tua juga harus mengetahui bahwa tugas utama mereka adalah melindungi anak-anak. Jadi bisa saja salah asuh orang tua dan terjadi pembiaran. Juga masyarakat sekitar harus melindungi anak-anak. Siapapun harus melindungi anak-anak dari tindakan itu," katanya.



Tonton video Heboh Pasutri Muda di Tasik Pertontonkan Hubungan Intim ke Bocah:

[Gambas:Video 20detik]


(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com