detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 15:41 WIB

Instruktur Nasional PAN Minta DPP Tak Grasa-grusu, Solid di Koalisi Prabowo

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Instruktur Nasional PAN Minta DPP Tak Grasa-grusu, Solid di Koalisi Prabowo Instruktur Nasional PAN (Lisye/detikcom)
Jakarta - Instruktur Nasional Partai Amanat Nasional (PAN) meminta PAN tetap berada di koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal itu disampaikan setelah ada manuver dari beberapa elite partai yang memberikan sinyal merapat ke koalisi Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Bahwa manuver beberapa elite DPP PAN yang ingin melepaskan diri dari koalisi paslon 02 dengan berpindah ke paslon 01 merupakan pengingkaran hasil Rakernas PAN tahun 2018," ujar Instruktur Perkaderan Senior PAN Icu Zukafril setelah menggelar pertemuan dengan Instruktur Nasional PAN di Hotel Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu (19/6/2019).


Foto: Lisye/detikcom


Icu mengatakan PAN konsisten terhadap hasil Rakernas 2018 yang memutuskan partai berlambang matahari putih itu mendukung Prabowo-Sandiaga. Menurut Icu, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais juga menegaskan PAN tetap berada dalam koalisi Indonesia Adil Makmur.

"Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN Amien Rais selaku inisiator dan pendiri PAN tetap dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur. Serta segenap kader PAN tetap konsisten dengan hasil Rakernas PAN tahun 2018," kata dia.



Lebih lanjut, Icu menilai manuver yang dilakukan oleh beberapa kader PAN melanggar moral serta Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai. Jadi ia berharap PAN akan mengambil sikap dan mempertimbangkan usulan dari Instruktur Nasional PAN itu.

"Bahwa manuver tersebut telah nyata-nyata melanggar moral, etika politik, dan platform PAN serta AD/ART PAN," lanjutnya.

"Semoga pernyataan sikap kami ini dijadikan bahan pemikiran dan refleksi DPP PAN agar tidak melakukan tindakan grasa-grusu yang dapat menghancurkan cita-cita, identitas, dan ideologi Partai Amanat Nasional," tutupnya.
(lir/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com