detikNews
2019/06/19 06:15:59 WIB

Round-Up

Akhir Cerita Isu Roy Suryo Gondol Barang Kemenpora

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Akhir Cerita Isu Roy Suryo Gondol Barang Kemenpora Foto: Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Roy Suryo & 3.226 Barang Negara (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Pada tahun 2018 Roy Suryo pernah berselisih dengan Kemenpora. Pasalnya, kala itu berhembus isu soal Roy Suryo yang menggondol ribuan barang milik Kemenpora. Namun, akhirnya perselisihan ini sampai pada pungkasan cerita. Bagaimana cerita perjalanan perselisihan antara Roy Suryo dan Kemenpora?

Heboh List Barang yang Diduga Digondol Roy Suryo

Pada bulan September 2018, beredar surat Kemenpora yang meminta Roy Suryo agar mengembalikan barang-barang milik negara. Barang-barang itu diduga telah digondol Roy Suryo saat masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode 2013-2014.

Tak tanggung-tanggung, total barang negara yang diminta dikembalikan sebanyak 3.226 unit. Tetapi Roy merasa kaget saat dikirimi lampiran list barang-barang yang harus dikembalikan, dari sendok hingga pompa air.

Roy Suryo tak percaya dengan list barang yang mesti dikembalikan itu. Namun, Kemenpora membenarkan soal list barang tersebut.

"Surat itu betul, bukan hoax. Asli tanda tangan saya," kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto saat dihubungi, Selasa (4/9/2018) lalu.

Gatot menjelaskan surat bernomor 5-2-3/SET.BIII/V/2018 itu dibuat pada 1 Mei 2018. Namun dia mengaku tak tahu-menahu mengapa surat ke Roy Suryo baru beredar dan heboh pada bulan September 2018.

Surat untuk Roy itu guna menindaklanjuti pemeriksaan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hasil pemeriksaan BPK, menyebut ada 3.226 unit barang yang belum dikembalikan.

"Sudah ada yang dikembalikan tahun 2016 sebanyak (senilai) Rp 500 juta, sekarang barangnya ada di gudang kami. Tapi sisanya belum, makanya masih muncul di temuan BPK," sebut Gatot.

Roy Suryo Merasa Difitnah dan Somasi Kemenpora

Roy akhirnya angkat bicara terkait surat penagihan barang itu. Dia merasa difitnah, apalagi suratnya sudah beredar luas.

"Maaf setelah lama bersikap sabar dan mengalah terhadap kabar aset BMN (Barang Milik Negara, -red) Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebut-sebutkan 'masih saya bawa (?)', padahal ini tidak benar sama sekali," kata Roy melalui pesan singkat saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (5/9/2018).

Dia lantas menunjuk pengacara untuk mengurusi persoalan ini. Pengacaranya, Tigor Simatupang, lalu menyiapkan data untuk melayangkan somasi kepada Kemenpora.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com