detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 13:36 WIB

Ketua Majelis Irman Gusman-Patrialis Akbar Siap Daftar Capim KPK

Andi Saputra - detikNews
Ketua Majelis Irman Gusman-Patrialis Akbar Siap Daftar Capim KPK Nawawi Pamolango (tengah) (agung/detikcom)
Jakarta - Ketua majelis yang mengadili Irman Gusman dan Patrialis Akbar, Nawawi Pamolango mengaku siap mendaftar seleksi calon pimpinan KPK. Nawawi kini merupakan hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar.

"Iya," kata Nawawi saat dihubungi detikcom, Selasa (18/6/2019).

Di tangan Nawawi dan majelisnya, Irman dihukum 4,5 tahun penjara dan Patrialis dijatuhi 8 tahun penjara. Nawawi juga menjadi anggota majelis hakim untuk terdakwa Ahmad Fathanah. Saat itu, Nawawi menjatuhkan hukuman 14 tahun penjara kepada Fathanah.

"Besok recana menghadap pimpinan MA untuk mendapatkan kejelasan konsekuensi bila ikut mendaftar," ujar Nawawi.


Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) menerima Pansel KPK. Dalam pertemuan itu, Pansel KPK yang diketuai Yenti Garnasih meminta institusi peradilan ikut mendorong hakim-hakimnya mendaftar capim KPK. Pihak MA menyambut baik ajakan tersebut.

"Ketua dan pimpinan MA menyambut baik harapan Pansel dan MA akan meneruskan kepada yang berminat. Pada seleksi calon pimpinan KPK periode 2015-2019 yang lalu, salah seorang hakim ad hoc Tipikor yang ikut seleksi calon pimpinan KPK yakni Alexander Marwata," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro.


(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com