detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 12:28 WIB

BW Pilih Nyelip Kawat Berduri, untuk ke MK Seharusnya Lewat Mana?

Zunita Putri - detikNews
BW Pilih Nyelip Kawat Berduri, untuk ke MK Seharusnya Lewat Mana? BW saat memilih nyelip melewati kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Ketua tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto (BW), memilih nyelip melalui kawat berduri untuk bisa ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Sebetulnya, untuk bisa ke gedung MK bisa melalui rute mana?

Pemandangan BW berjalan kaki nyelip di kawat berduri itu terjadi pada pagi tadi. BW melintasi Jalan Medan Merdeka Barat untuk bisa ke MK.

Sebagaimana diketahui, polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup Jl Medan Merdeka Barat, dengan pertimbangan keamanan. Ada sejumlah barikade penghalang yang diletakkan untuk menutup jalan ini.

Meski jalan ditutup, karena BW berjalan kaki, dia masih bisa melintasi Jalan Medan Merdeka Barat. Meski diberi tahu oleh salah seorang koleganya untuk lewat Jalan Abdul Muis, BW memilih melewati jalan ini, melalui celah-celah pembatas yang dipasang polisi.

BW Nyelip Kawat Berduri, untuk ke MK Seharusnya Lewat Mana?Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom


"Pertama, ngos-ngosan nih selesai turun di air mancur di blokade 3 lapis. Sampai di Gedung Gajah di blokade lagi, dari Gedung Gajah jalan sampai sini, saya mau bilang bagian pertama luar biasa sekali pengamanannya," kata BW setiba di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019) pagi tadi.



Namun orang yang akan ke MK dengan menumpang kendaraan tentu saja tidak bisa melewati Jalan Medan Merdeka Barat seperti yang dilalui BW.

Lalu, pengendara yang mau MK lewat mana?

Pintu masuk MK ada dua, yakni pintu belakang dan pintu depan. Pintu depan yang menghadap langsung ke Jalan Medan Merdeka Barat bisa dibilang tidak difungsikan lantaran jalan tersebut ditutup.

Bagi yang ingin menuju gedung MK, dari arah Patung Kuda dialihkan ke Jalan Budi Kemulian, Jakarta Pusat, tepatnya di gedung Indosat yang menuju Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Jadi, pengunjung MK, terutama yang membawa kendaraan, harus melalui Jalan Abdul Muis, pintu belakang MK. Tidak ada jalan selain dari Jalan Abdul Muis ini. Sebab, jika melalui pintu utama gedung MK depan, itu memang ditutup sejak tadi malam pukul 22.00.

Selain itu, penutupan jalan terjadi di Jalan Ir Juanda, Jakarta Pusat. Bagi yang ingin ke gedung MK melalui Juanda, sebaiknya memutar ke Jalan Kebon Sirih lalu melewati Jalan Merdeka Selatan dan menuju Jalan Abdul Muis, lewat pintu belakang MK.



Berikut ini beberapa ruas jalan yang ditutup selama persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK:

1. Jalan Medan Merdeka barat sisi timur dan barat.
Penempatan MCB barier di depan Museum Gajah.

2. Jalan Medan Merdeka Utara MCB barier di depan Kemendagri dua sisi.

3. Jalan Veteran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni ditutup.

4. Jalan Majapahit ujung TL Harmoni.

5. Jalan Abdul Muis arah utara di TL Jalan Tanah Abang 2.

6. Jalan Veteran 3 Bina Graha.
(zap/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com