detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 12:07 WIB

Polisi: 5 Komisioner KPU Palembang Dikenai Pasal Pidana Pemilu

Raja Adil Siregar - detikNews
Polisi: 5 Komisioner KPU Palembang Dikenai Pasal Pidana Pemilu Foto: Raja Adil/detikcom
Palembang - Polisi resmi menetapkan 5 orang komisioner KPU Kota Palembang sebagai tersangka. Polisi mengatakan 5 komisioner dijerat pasal pidana pemilu.

"Nggak ada pasal lain, hanya Pasal 510 itu saja terkait tindak pidana pemilu di bulan April," ujar Kapolresta Palembang Kombes Didi Hayamasyah saat dimintai konfirmasi, Selasa (18/6/2019).


Dikatakan Didi, Pasal 510 Undang-Undang Pemilu mengatur tentang tindak pidana yang menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya. Pasal itu tercantum dalam penetapan tersangka kelima komisioner.

Dalam penetapannya disebutkan, kelima komisioner itu diduga melakukan tindak pidana dan sengaja menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya di Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, sehingga dijerat dengan Pasal 554 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP subsider Pasal 510 UU Pemilu.


"Tidak ada pasal korupsi, suap, dan lain sebagainya. Murni pasal pidana pemilu sesuai yang dilaporkan (Ketua Bawaslu Palembang, M Taufik)," kata Didi tegas.

Dalam kasus tersebut, Didi mengatakan penyidik sudah memeriksa lebih dari 20 saksi. Dari petugas TPS, PPK, dan Bawaslu, termasuk KPU tingkat provinsi.

Terkait penetapan tersangka ini, semua komisioner KPU Palembang belum mau mengambil langkah hukum. Mereka pun memilih mengikuti proses hukum dan berkonsultasi terlebih dulu, baik di KPU Sumsel maupun KPU pusat.
(ras/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com