detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 11:52 WIB

Duh! SMP 2 Dompu NTB Pungut Rp 100 Ribu pada Siswa yang Ambil SKHU

Faruk - detikNews
Duh! SMP 2 Dompu NTB Pungut Rp 100 Ribu pada Siswa yang Ambil SKHU Foto: Faruk/detikcom
Dompu - Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) memungut uang sebesar Rp 100 ribu pada setiap siswa yang mengambil Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU). Jika siswa tidak bersedia memberikan uang yang dimaksud pada saat hendak mengambil SKHU, maka akan dipulangkan.

"Kemarin memang begitu, tapi saya sudah ambil SKHU dan saya serahkan uang Rp 100 ribu," kata salah seorang siswa, Faisal, Selasa (18/06/2019).


Dari 223 orang siswa yang akan keluar dari sekolah tersebut, 70 orang di antaranya telah menyerahkan uang yang diminta oleh pihak sekolah.

Terpisah, Kepala SMPN 2 Dompu, Effendi, membenarkan pungutan pada siswa yang hendak mengambil SKHU. Effendi mengatakan penarikan uang pada siswa yang telah lulus di sekolahnya itu sudah berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya.

"Memang tidak diperbolehkan satu rupiah pun, tapi sebelum ujian kemarin kami sampaikan ke orang tua siswa sebesar Rp 100 ribu per orang dan kami tidak memaksa. Ada notulen rapatnya dengan orang tua atau wali murid, itu diperuntukkan untuk sampul rapor dan untuk lahan parkir sekolah," jelasnya.

Kepala SMP N 2 Dompu, Effendi.Kepala SMP N 2 Dompu, Effendi. Foto: Faruk/detikcom


Dia menyebut sudah 70 orang siswa yang telah mengambil SKHU dari 223 orang siswa. Sisanya masih akan ditunggu hingga pekan depan.

"Batasnya sampai hari Sabtu ini, berhubung pendaftaran untuk siswa baru SMA minggu depan, maka kita tunggu sampai pekan depan," ujarnya.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com