detikNews
2019/06/17 20:30:20 WIB

Round-Up

Manuver Faldo Maldini Dikaitkan Sikap PAN di Koalisi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Manuver Faldo Maldini Dikaitkan Sikap PAN di Koalisi Faldo Maldini (Foto: dok. Facebook)
Jakarta - Langkah Wasekjen PAN Faldo Maldini membuat video 'Prabowo Tidak Akan Menang Pemilu di MK' merembet ke isu lain. Gara-gara itu, sikap PAN di koalisi Prabowo-Sandi jadi atensi.

Dilihat detikcom, Senin (17/6/2019), video berdurasi 8 menit 40 detik yang diunggah ke YouTube itu dibagikan Faldo ke jejaring media sosialnya, seperti Twitter. Dia yakin pasangan calon nomor urut 02 itu tidak akan menang pemilu di MK.

"Di video kali ini gua akan menjelaskan tentang peluang Pak Prabowo di MK dan menurut gua Prabowo-Sandi nggak akan menang pemilu di Mahkamah Konstitusi," kata Faldo Maldini mengawali videonya. Faldo telah mengizinkan detikcom mengutip video tersebut.


Sadar akan posisinya sebagai salah satu juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019, Faldo siap dengan konsekuensi yang bakal diterimanya dari video 'Prabowo Tak Akan Menang Pemilu di MK' itu. Dia yakin dirinya pasti akan mendapat perundungan di media sosial dan semacamnya.

"Secara legal formal, kalau kita bicara secara kuantitatif ya, kekalahan Prabowo-Sandi itu sekitar 17 juta suara. Dalam hal ini, untuk membuktikan adanya kecurangan itu, setidaknya lo bisa membuktikan 50 persen lebih deh dari 17 juta itu terjadi kecurangan. Dari 17 juta, 50 persen, lo bagi dua saja misalnya kan, butuh 8,5 juta. Berarti kan setidaknya kan lo butuh 9 juta dong bahwa ada potensi kecurangan dalam hasil penghitungan nih yang itu dibuktikan dengan C1 asli yang dimiliki oleh saksi," kata Faldo. Pernyataan lengkap Faldo dalam video 'Prabowo Tidak Akan Menang Pemilu di MK' bisa dilihat di sini.

PAN saat ini masih tergabung dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur pengusung Prabowo-Sandi. Video Faldo lantas dikaitkan dengan sikap PAN di koalisi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com