detikNews
Senin 17 Juni 2019, 18:31 WIB

Alasan Menkum HAM Pindahkan Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur

Zunita Putri - detikNews
Alasan Menkum HAM Pindahkan Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur Menkum HAM Yasonna Laoly (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengungkapkan alasannya memindahkan koruptor e-KTP Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur. Apa alasannya?

"Itu rutan itu kan apa.. untuk high risk," ujar Yasonna di kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

"Untuk sementara kita tempatkan di situ. Orang tanya, kenapa high risk ya? Itu high risk dong kalau mau melarikan diri," imbuh Yasonna.


Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur dari Lapas Sukamiskin karena ketahuan pelesiran. Yasonna menyebut pelesiran Novanto itu sudah direncanakan.

Peristiwa pelesiran Novanto itu terjadi pada Jumat, 14 Juni kemarin. Awalnya Novanto mendapatkan rekomendasi dari lapas untuk menjalani pengobatan di luar lapas pada Selasa, 11 Juni 2019. Setelahnya, Novanto dinyatakan oleh dokter untuk menjalani rawat inap.

Novanto kemudian menjalani rawat inap hingga pada Jumat, 14 Juni 2019 diizinkan untuk kembali ke lapas. Namun Novanto kabur hingga dilakukan pencarian mulai sekitar pukul 15.00 WIB. Masih di hari yang sama pada pukul 17.43 WIB Novanto kembali ke rumah sakit itu. Akibat tindakan itu, Novanto pun dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur.



Tonton video Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur:

[Gambas:Video 20detik]


Alasan Menkum HAM Pindahkan Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur

(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com