detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 12:11 WIB

Untuk Apa Setya Novanto Pelesiran ke Toko Bangunan di Bandung?

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Untuk Apa Setya Novanto Pelesiran ke Toko Bangunan di Bandung? Setya Novanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto kedapatan pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Lantas untuk apa Setya Novanto berkunjung ke toko bangunan tersebut?

"Itu lah, maka dari itu sekarang ini di Lapas Gunung Sindur Pak Setnov masih diperiksa oleh tim dari LP Sukamiskin dan dari Kanwil Jawa Barat," ujar Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Kementerian Hukum dan HAM Yunaedi saat dihubungi, Minggu (16/6/2019).

Petugas hingga saat ini masih mendalami latar belakang Setya Novanto berpelesiran ke toko bangunan. Setya Novanto masih menjalani pemeriksaan sejak tiba di Lapas Gunung Sindur pada Sabtu (15/6) kemarin.

"Ingin diketahui latar belakangnya, ketemu siapa, semuanya nanti akan terungkap setelah pemeriksaan oleh tim ini selesai. Mulai dari kemarin dilakukan pemeriksaan di Lapas Gunung Sindur," katanya.


Diketahui, Setya Novanto berpelesiran ke toko bangunan tersebut setelah kabur dari pengawasan petugas saat berada di salah satu rumah sakit di Bandung. Petugas yang mengawal Setya Novanto pun terancam sanksi.

"Petugasnya, pengawal, sama Pak Kakanwil diperintahkan tim untuk diperiksa, kalau ada kelalaian di situ ya jelas ada sanksinya," tuturnya.

Junaedi mengilustrasikan, ada kemungkinan pengawal tertipu senyuman Setya Novanto di rumah sakit hingga akhirnya lalai.

"Alasannya beliau di lantai 8 (rumah sakit) itu masih pakai kursi roda. Kemudian dengan ditemani beberapa orang keluarganya turun menggunakan lift ke lantai 3 tempat sebagai tempat penyelesaian administrasi pembayarannya. Dari situ lah tidak tidak ditempel oleh petugas," jelasnya.


"Karena petugas kan tahu sendiri, kalau sudah mendapat senyum Pak Setnov ini percaya banget lah, (sambil mengatakan ke petugas) 'nanti aku balik lagi, aku hanya menyelesaikan ini,'. Ini saya hanya ilustrasi saja. (Dijawab petugas), 'iya Pak'. Ternyata Setnov balik jam 17.34 WIB, kira-kira 2 sampai 3 jam lah di luar itu," lanjutnya.



Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur:

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com