DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 19:07 WIB

Golkar Bahas Jatah Kursi Menteri Usai Putusan MK

Zakia Liland - detikNews
Golkar Bahas Jatah Kursi Menteri Usai Putusan MK Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Zakia Liland/detikcom)
Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah mengantongi sejumlah nama calon menteri yang diajukan Dewan Pakar Partai Golkar. Meski begitu, Golkar belum melakukan pembahasan secara khusus karena menunggu selesainya sengketa Pilpres yang sedang berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Itu kan sesudah nanti keputusan MK," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ditemui di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2019).


Hal senada diungkapkan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus. Lodewijk mengatakan sampai saat ini Golkar belum membahas jatah kursi di Koalisi Indonesia Kerja yang mengusung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Namun sampai saat ini Ketum belum membahas dengan kita. Yang pertama tentunya kita belum tau berapa sih alokasi kursi menteri yang diberikan kepada Partai Golkar. Kedua, tentunya apakah kursi tersebut apa terkait dengan kompetensi yang kita miliki siapa orangnya dan tentunya ini belum," kata Lodewijk di lokasi yang sama.


Sebelumnya, Dewan Pakar Golkar menyebutkan beberapa nama yang disebut pantas mengisi kursi menteri di periode kedua Jokowi. Golkar, yang menjadi pemenang kedua, merasa pantas mendapat lima kursi di kabinet untuk jagoan mereka.

Nama Airlangga dan Agus Gumiwang muncul sebagai calon menteri. Diketahui, pada Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla, Airlangga menjabat Menteri Perindustrian dan Agus Gumiwang menjadi Menteri Sosial.


"Yang beredar nama-nama di Dewan Pakar ada dua tokoh kita, ketum sendiri Pak Airlangga dan Agus Gumiwang. Kami merasa wajar apabila ditambah lagi sampai lima posisi di kabinet Pak Jokowi. Ada beberapa nama yang saya kira cukup mumpuni, ada Ilham Habibie," kata Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono di kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Senin (27/5) lalu.


Mau Tahu Kader Usulan Golkar untuk Pimpin DPR/MPR? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed