DetikNews
2019/06/13 08:39:31 WIB

Round-Up

Sengketa Pemilu 5 Negara yang Dirujuk Prabowo dalam Gugatan di MK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Sengketa Pemilu 5 Negara yang Dirujuk Prabowo dalam Gugatan di MK Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang dipimpin Bambang Widjajanto (BW) menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam gugatannya itu, tim hukum Prabowo-Sandiaga merujuk kasus ataupun konstitusi di sejumlah negara.

Salah satu yang jadi rujukan tim hukum Prabowo-Sandiaga adalah India. Tim hukum Prabowo-Sandiaga mengawalinya dengan menyebut pembuktian kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif dalam Pilpres bukan hal mudah untuk dilakukan.


"Membuktikan Presiden yang sedang aktif menjabat melakukan kecurangan pemilu yang terstuktur, sistematis dan masif (TSM) pastilah bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi kalau didalilkan pula bahwa kecurangan itu dilakukan bersama-sama dengan aparat kepolisian, intelijen, birokrasi, BUMN hingga aparat negara lainnya," demikian bunyi dalil gugatan yang ditandatangani oleh Bambang Widjojanto (BW) dkk sebagaimana dikutip detikcom, Rabu (12/6/2019).

Gugatan yang juga ditandatangani oleh Denny Indrayana, Teuku Nasrullah, TM Luthfi Yazid, Iwan Satriawan, Iskandar Sonhadji, Dorel Amir, Zulfadhli kemudian merujuk Mahkamah Agung (MA) India. MA-nya India disebut melakukan telah terobosan prosedur dalam menangani perkara yang menyangkut kepentingan publik. Berikut negara-negara yang dirujuk Prabowo-Sandiaga:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed