detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 17:37 WIB

Ditonton Warga, Gajah Liar yang Masuk ke Kebun Sawit di Riau Stres

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Ditonton Warga, Gajah Liar yang Masuk ke Kebun Sawit di Riau Stres Gajah liar di perkebunan sawit di Indragiri Hulu, Riau, Rabu (12/6/2019) Foto: Dok. Istimewa
Indragiri Hulu - Enam ekor gajah liar masih berada di perkebunan sawit di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Gajah liar ini diduga stres karena banyaknya warga yang menonton di sekitar lokasi.

"Tak hanya gajah liarnya yang stres, kita juga jadi ikut stres. Kita sudah berusaha meminta warga agar menjauh dari lokasi, tapi tak mau juga. Gajah liar akan stres kalau kondisinya ditonton masyarakat," kata Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar kepada detikcom, Rabu (12/6/2019).


Gajah liar di perkebunan sawit di Indragiri Hulu, Riau, Rabu (12/6/2019)Gajah liar di perkebunan sawit di Indragiri Hulu, Riau, Rabu (12/6/2019) Foto: Dok. Istimewa



Kondisi gajah liar diduga dehidrasi karena menempuh perjalanan dari TNTN hingga ke Kecamatan Peranap dan Kelayang.





"Sejak tadi malam kita itu meletakkan makanan gajah seperti pelepah pisang dan tebu. Makanan ini awalnya untuk gajah jinak bila sampai di lokasi. Tapi rupanya makanan itu dimakan gajah liar. Mereka mengalami dehidrasi," kata Hansen.


Gajah liar di perkebunan sawit di Indragiri Hulu, Riau, Rabu (12/6/2019)Gajah liar di perkebunan sawit di Indragiri Hulu, Riau, Rabu (12/6/2019) Foto: Dok. Istimewa



Petugas mengerahkan dua gajah jinak untuk menggiring gajah liar keluar dari perkebunan sawit. Gajah ini berasal dari Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

Dua gajah latih ini diberi nama Indro dan Rahman. "Keduanya sudah terlatih untuk melakukan penggiringan. Keduanya merupakan gajah pemberani," kata Hansen.





(cha/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed