detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 10:15 WIB

Dorong TGPF Rusuh 22 Mei, BPN: Penyelidikan dari Polri Saja akan Diragukan

Yulida Medistiara - detikNews
Dorong TGPF Rusuh 22 Mei, BPN: Penyelidikan dari Polri Saja akan Diragukan Foto: Sodik Mudjahid (Dok. Pribadi)
Jakarta - BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendukung sikap Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang mendorong pembentukan tim gabungan pencari fakta (TGPF) untuk mengusut kerusuhan 22 Mei. Ia menilai penyelidikan yang dilakukan Polri semata akan diragukan masyarakat.

"Penyelidikan oleh Polri saja selain akan bias juga akan banyak diragukan, bahkan tidak akan diterima dan dipercayai oleh masyarakat mengingat makin banyak masyarakat yang tidak percaya distrust kepada Polri," kata juru debat BPN Prabowo-Sandi, Sodik Mudjahid, saat dihubungi, Rabu (12/5/2019).


Politikus Partai Gerindra itu mengatakan hasil penyelidikan Polri saja tidak akan menyelesaikan masalah karena akan diragukan. Sementara itu masyarakat dinilai akan menerima hasil penyelidikan yang diungkap oleh TGPF independen.

"Dengan posisi begini maka hasil kerja Polri tidak akan selesaikan masalah. Lain jika penyelidikan dilakukan oleh TGPF, pasti masyarakat akan terima yang berarti selesai masalah 22 Mei," ujarnya.

Sodik mengaku Gerindra sudah berupaya menyampaikan ke pemerintah terkait TGPF tersebut. Adapun anggota TGPF terdiri dari beberapa lembaga independen seperti Komnas Ham dan LSM termasuk Kontras, LBH, YLBHI, AJI. Diharapkan hasil penyelidikannya lebih komprehensif.

"Penyelidikan oleh tim TGPF diharapkan bekerja lebih independen, objektif serta adil, mendalam, komprehensif dan tuntas," ungkapnya.


Sebelumnya diberitakan, Fadli Zon mengkritik pemerintah yang mengungkap dalang kerusuhan 22 Mei 2019. Menurut dia, informasi yang disampaikan pemerintah bisa jadi bias.

"Harusnya lebih holistis. Jangan menjadi satu versi. Tentu kalau versinya versi pemerintah sangat bias," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6).



Tonton video Eksklusif! Iwan Buka-bukaan Diorder Kivlan Zen Bunuh Luhut & Wiranto:

[Gambas:Video 20detik]


(yld/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed