DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 09:05 WIB

Polisi Masih Dalami Asal Uang 15 Ribu SGD dari Habil Marati ke Kivlan

Rivki - detikNews
Polisi Masih Dalami Asal Uang 15 Ribu SGD dari Habil Marati ke Kivlan Habil Marati (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Polisi menangkap Habil Marati (HM) terkait rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional. Habil Marati berperan sebagai pemberi uang kepada Kivlan Zen dan Iwan sebesar 15 ribu SGD.

"Masih kita dalami lagi," kata Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary, di Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Ade Ary mengatakan, sejauh ini, polisi menduga uang 15 ribu SGD itu milik Habil. Namun itu masih dugaan sementara dan ada kemungkinan pemilik lainnya.

"Sejauh ini dugaan sementara kita itu miliknya (Habil)," ujar Ade.



Uang yang diserahkan Habil Marati ke Kivlan sebesar SGD 15.000 atau senilai Rp 150 juta adalah dana operasional. Kivlan Zen disebut lalu mencari eksekutor dan memberi target 4 tokoh nasional.

Namun hal itu dibantah oleh pengacara Kivlan. Kuasa hukum Kivlan Zen, Muhammad Yuntri, mengatakan, uang itu bukan untuk modal beli senjata melainkan untuk aksi demonstrasi.

"Sekitar bulan Maret itu beliau ini kan sangat anti-komunis banget, jadi momentum supersemar. 'Wan ini coba kau bikin momentum demo lah entah apa untuk momentum supersemar, anti-PKI, dikasihlah dana, yang disebutkan itu 10 ribu dolar Singapura. Kemudian entah dilaksanakan tidak demonya, Iwan ini menghilang. Ditanya kemana iwan. kemudian tiba-tiba kasus ini muncul seperti ini," kata Yuntri, saat dihubungi, Selasa (11/6/2019).



Tonton video Eksklusif! Iwan Buka-bukaan Diorder Kivlan Zen Bunuh Luhut & Wiranto:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed