detikNews
2019/06/12 07:12:11 WIB

Round-Up

Transaksi Habil Marati Ditelusuri, Akankah Ada Tersangka Lagi?

Eva Safitri, Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Transaksi Habil Marati Ditelusuri, Akankah Ada Tersangka Lagi? Foto: Habil Marati (Dok. detikcom)
Jakarta - Habil Marati disebut menjadi penyandang dana bagi Kivlan Zen dalam merencanakan pembunuhan 4 tokoh nasional. Transaksi keuangan Habil kini ditelusuri, akankah ada tersangka lagi?

Polisi menangkap Habil Marati di kediamannya di Jakarta Selatan pada Rabu (29/5). Habil menjadi tersangka karena diduga memberikan SGD 15.000 kepada Kivlan Zen untuk pembelian senjata api.

"Tersangka HM berperan memberikan uang. Uang yang diterima tersangka KZ (Kivlan Zen) berasal dari HM, maksud dan tujuannya adalah untuk pembelian senjata api," kata Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indradi di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).



Kivlan Zen lalu mencari eksekutor dan memberi target pembunuhan 4 tokoh nasional yaitu Wiranto, Budi Gunawan, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gories Mere. Ada juga Yunarto Wijaya, bos lembaga survei Charta Politika.

Selain itu, Habil Marati memberikan uang Rp 60 juta kepada H Kurniawan alias Iwan. Meski demikian, polisi masih mendalami peran Habil Marati lebih dalam termasuk soal aliran dana.

"Ya itu sedang kita dalami, yang jelas penyidik sudah menyita alat komunikasi, sudah menyita aliran dana dan lain-lain," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed