detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 20:39 WIB

Sjamsul Nursalim Ditetapkan Tersangka, KPK Belum Terbitkan Surat DPO

Zunita Putri - detikNews
Sjamsul Nursalim Ditetapkan Tersangka, KPK Belum Terbitkan Surat DPO Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Ibnu/detikcom)
Jakarta - KPK memastikan hingga saat ini pihaknya belum menerbitkan surat daftar pencarian orang (DPO) untuk tersangka kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim. KPK menyebut hingga saat ini pihaknya masih mendalami lebih lanjut kasus itu.

"Jadi kita belum bisa bicara soal seseorang menjadi buron, sebelum dipanggil dan ketika seseorang dipanggil datang, tapi dia tidak bisa dikategorikan misalnya sebagai DPO atau red notice atau yang lain-lainnya sehingga KPK akan menjalankan dulu proses penyidikan ini," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2019).


Febri mengaku masih optimistis dan berharap kedua tersangka suami-istri itu dapat bersikap kooperatif dan memenuhi panggilan KPK. Dia juga meminta tim kuasa hukum dapat membantu KPK.

"Nanti kita lihat, kami berharap juga bagi pihak-pihak lain memiliki itikad baik, terutama tersangka dan juga kuasa hukum dari tersangka, agar membantu proses hukum ini bisa dilakukan secara maksimal," katanya.


Sjamsul dan Itjih ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena diduga bersama-sama melakukan tindakan yang merugikan negara bersama Syafruddin terkait BLBI. Sjamsul disebut menjadi pihak yang diperkaya dalam kasus dengan indikasi kerugian keuangan negara senilai Rp 4,58 triliun ini.

Keduanya disangkakan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
(zap/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed