detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 18:22 WIB

Ibas dan Keluarga Ziarah ke Makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Farih Maulana Sidik - detikNews
Ibas dan Keluarga Ziarah ke Makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata Ibas dan keluarga ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan istrinya, Siti Ruby Aliya Rajasa, serta putra-putrinya sore tadi berziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Kalibata, Jakarta Selatan. Ibas mengatakan kedatangannya ke makam ibunda untuk kesekian kali ini adalah bentuk kasih sayang kepada almarhumah.

Pantauan detikcom, putra kedua presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tiba di TMP Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2019) sore. Dia datang bersama istri dan 3 anaknya, Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, dan Gayatri Idalia Yudhoyono.


Semua kompak hormat ke arah tugu TMP Kalibata sebelum melangkah masuk ke makam Ani Yudhoyono. Di depan pusara, Ibas dan keluarga khusyuk memanjatkan doa. Mereka juga melakukan tabur bunga di atas pusara.

Ibas dan keluarga ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata Ibas dan keluarga berziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata. (Farih Maulana Sidik/detikcom)

Diwawancarai sebelum meninggalkan lokasi, Ibas mengatakan hingga saat ini keluarga Yudhoyono masih dalam suasana berkabung. Diketahui Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6) setelah dirawat intensif di Singapura sejak Februari 2019 karena kanker darah.

"Inilah bentuk keikhlasan kita, sekaligus juga untuk mengenang jasa-jasa Ibu Ani semasa hidupnya, yang tentunya sangat membanggakan, sangat memberikan manfaat bagi kami sekeluarga. Baik anak-anak, baik suami, baik cucu, dan semuanya. Ini adalah bentuk kasih sayang kami," kata Ibas kepada detikcom.


"Selain berdoa di tempat kediaman kami masing-masing kepada Allah SWT, kami juga ingin memberikan kenangan yang terindah sekaligus juga berikhtiar, doa agar Ibu Ani senantiasa tetap mendapatkan doa dari siapapun di mana pun mereka berada termasuk dari keluarga. Diampuni segala dosa-dosanya, Ibu Ani juga dilepaskan dari siksa kubur, dilapangkan jalannya, beristirahat dengan tenang di sisi Tuhan Mahakuasa, yang terbaik di surganya, dan husnul khatimah, dan insyaallah suatu saat nanti kami semuanya keluarga besar dan orang-orang yang dikasihi termasuk umat muslim yang beriman dipertemukan kelak nanti di alam surga, di sisi Tuhan Yang Mahakuasa," sambung Ibas.

Ibas dan keluarga ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata Ibas dan keluarga ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata. (Farih Maulana Sidik/detikcom)

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Ibas menyampaikan selamat Idul Fitri bagi umat Islam. Dia juga mengajak masyarakat senantiasa mendoakan almarhumah Ani Yudhoyono agar mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Tentunya selain berkabung, kita juga bersyukur masih bisa mendapatkan Ramadhan dan Idul Fitri di tahun 2019 ini sekaligus juga saya mengucapkan minal aidzin wal faidzin, selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin," ucap Ibas.
(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com