detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 11:20 WIB

Warna-warni Islami Meriahkan Bandara Soekarno-Hatta Saat Mudik

Akfa Nasrulhak - detikNews
Warna-warni Islami Meriahkan Bandara Soekarno-Hatta Saat Mudik Foto: Robi Setiawan/detikcom
Jakarta - Pada Ramadhan tahun ini, PT Angkasa Pura II (AP II) mengusung tema Experience Ramadhan guna mengajak pelanggan merasakan nuansa bulan suci di bandara-bandara seluruh AP II. Meski Ramadhan telah berakhir, nuansa islami masih menjadi penghias di bandara yang dikelola AP II pada musim mudik tahun ini, mulai dari booth hingga layanan digital.

Hal itu karena pada Ramadhan tahun ini, AP II mengusung tema Experience Ramadhan guna mengajak pelanggan merasakan nuansa bulan suci di bandara-bandara seluruh AP II, termasuk di Soekarno-Hatta.


"Pelayanan kami punya konsep di tahun ini namanya Experience Ramadhan. Kita lebih meningkatkan pelayanan khususnya di bidang digital, salah satunya kami punya platform salah satunya Indonesia Airport Apps (InAirport)," ujar Vice President of Corporate Communication AP II, Yado Yarismano kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).

Yado menjelaskan, AP II terus meningkatkan pelayanan sarana dan prasarana di 16 bandara yang dikelolanya. Dengan mengusung tema Experience Ramadhan, AP II ingin memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan menarik untuk para pengunjung bandara.

Adapun aplikasi InAirport yang bisa diakses lewat iOS dan Android ini, selain dapat digunakan untuk mobile check-in, mengetahui jadwal penerbangan, dan mengetahui berbagai fasilitas di bandara-bandara AP II, juga menyediakan konten/informasi khusus seperti, Prayer Time, Quran, Hadist, Ramadhan News, Berita mudik 2019 hingga Informasi Jalur Mudik 2019.

"Buat tematik tahun ini tematik Experience Ramadhan-nya di situ ada info-info terkait dengan Ramadhan, mulai dari jadwal imsakiyah, dan lain-lain itu bisa kita lihat di apps-nya," imbuhnya.


Selain itu, bagi yang ingin melaksanakan ibadah salat dapat menggunakan musala di setiap terminal, serta masjid yang terdapat di area bandara.

"Lalu jika bicarakan fasilitas buat ibadahnya, kami benahi musala pastikan itu semuanya nyaman, kering, wangi, dan lain-lain," ujarnya.

Warna-warni Islami Meriahkan Bandara Soekarno-Hatta Saat MudikFoto: Robi Setiawan/detikcom

Sebelumnya, saat masih bulan Ramadhan, fasilitas lain yang diberikan AP II adalah dengan menyajikan takjil bagi para penumpang, terutama bagi yang mendarat di saat jam mendekati buka puasa.

"Takjil kami siapkan di seluruh bandara kami. Jadi ketika penumpang ada yang mendarat, kurang lebih di waktu 17.30 mendekati maghrib itu sudah kami siapkan takjilnya, jadi penumpang yang datang menuju conveyor belt, dibagikan oleh teman-teman di seluruh bandara yang dikelola oleh AP II, ada 16 bandara," ujarnya.

Yado menambahkan experience Ramadhan ini diperuntukkan pada 2 hal, yakni untuk personal consumer dan bussiness consumer.

"Kalau ke personal consumer kita sediakan halal park segala macam, itu kenapa kita launching di Ramadhan karena ekspektasinya untuk tema Experience Ramadhan ini. Jadi untuk mendukung orang yang sedang Ramdhan di bandara itu, bisa memanfaatkan fasilitas yang ada," ujarnya.


Sementara untuk bussiness consumer, beberapa maskapai penerbangan akan diberikan intensif tertentu karena telah menyediakan penerbangan tambahan demi mendukung mudik lancar dan nyaman.

"Kalau untuk bussiness consumer, dalam hal ini kita ke teman-teman Airlines itu kasih intensif, ketika ngajuin buat penerbangan tambahan tadi," tandasnya.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com