detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 07:57 WIB

Soal Gabung ke Pemerintah, PD: Biarlah Nanti Jadi Keputusan SBY-Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Soal Gabung ke Pemerintah, PD: Biarlah Nanti Jadi Keputusan SBY-Jokowi Jokowi dan SBY Ngeteh Bareng di Istana. (Foto: Anung/SBY Centre)
Jakarta - Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin berharap Partai Demokrat (PD) segera bergabung dalam koalisi Jokowi. PD menyatakan keputusan di mana partai berlambang Mercy itu berlabuh ada di tangan sang Ketua Umum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Soal ajakan Bang Ngabalin agar Demokrat merapat ke pemerintahan, biarlah itu nanti menjadi keputusan para petinggi yang 'maqom'nya sudah di atas ya. Karena inikan soal yang besar ya. Maqom kita rasanya belum cukup untuk bicara itu," kata Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon kepada wartawan, Kamis (6/6/2019).

"Biarlah itu nanti menjadi keputusan antara Pak Jokowi selaku Presiden dengan Pak SBY selaku Ketua Umum kami Partai Demokrat. Pastilah para pemimpin kita ini sudah tahu yang terbaik untuk bangsa kita ini," imbuhnya.



Harapan Ngabalin tersebut disuarakan usai kedua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bertemu Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Jansen menyebut pertemuan itu murni dalam rangka silaturahmi dan bermaaf-maafan.

"Sekaligus kedatangan Mas AHY ini juga untuk menjaga tradisi politik kita yang sejuk, apalagi ini kan baru saja habis pemilu yang panas. Karena itu lah sebenarnya harapan rakyat di bawah sana dari para pemimpinnya. Sejuknya komunikasi antar para pemimpin ini pasti akan ikut menyejukkan suasana di bawah, karena hal-hal baik yang terjadi di atas akan ikut mengalir ke bawah," jelas Jansen.

Menurut Jansen, yang terpenting pascasilaturahmi ini adalah komunikasi kembali cair dan lancar. Komunikasi yang lancar, kata Jansen, akan meniadakan sekat dan hambatan jika harus bekerjasama membangun bangsa melalui pemerintahan ke depan.

"Soal-soal yang terkait membangun rajutan politik ke depannya, sebaiknya kita tunggu saja tanggal mainnya, ya. Sekarang mari kita nikmati saja dulu indahnya momen lebaran ini serta 'guyub' dan rukunnya para pemimpin kita. Kalau sudah guyub dan rukun, mau kerjasama dalam hal apapun pasti lebih lancar dan dilancarkan," ungkapnya.



Sebelumnya, harapan PD gabung dengan pemerintahan Jokowi setelah AHY dan Ibas berlebaran ke Presiden Jokowi Megawati. Ngabalin menyebut, pemerintah memiliki harapan PD segera bergabung dalam koalisi Jokowi.

"Pasti (berharap Partai Demokrat segera bergabung ke pemerintah) karena pemerintah juga ingin mengatakan, jika lebih banyak yang kita rangkul, kemudian sama-sama membangun Indonesia, ada kawan-kawan dari PAN, Demokrat, dari mungkin juga yang lain tidak apa-apa, untuk membangun Indonesia lebih baik," ujar Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin di Jalan Widya Chandra III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).


'Goda' PD, TKN Buka Peluang Koalisi Pasca-pemilu:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com