detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 08:32 WIB

Lebaran, 5.000 Personel TNI-Polri Siap Amankan Bandara AP II

Robi Setiawan - detikNews
Lebaran, 5.000 Personel TNI-Polri Siap Amankan Bandara AP II Foto: Angkasa Pura II
Jakarta - Di momen Lebaran ini, PT Angkasa Pura II memperketat keamanan di seluruh bandara yang dikelolanya. AP II mengerahkan lebih dari 5.000 personel gabungan TNI dan Polri, sementara dari sisi fasilitas ada sekitar 3.000 CCTV yang selalu siap mengawasi.

"Kami menambah personel. Jadi kami kerja sama dengan TNI dan Polri untuk membantu kami dari sisi keamanan. Tidak hanya di Bandara Soekarno Hatta, tapi seluruh cabang juga," kata Vice President of Corporate Communication AP II, Yado Yarismano kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).


Dari 5.000 personel keamanan yang dikerahkan, Yado menjelaskan jumlah tersebut tersebar di seluruh bandara AP II. Jumlah paling banyak dikerahkan AP II di Bandara Soekarno Hatta, yaitu lebih dari 3.600 personel.

"Itu tambahan personel kira-kira kami siapkan kurang lebih 5.000 personel di seluruh AP II. Terdiri dari TNI, Polri, dan organik kami. Organik kami ada dari Aviation Security," jelasnya.

Ia mengatakan personel keamanan ini dikerahkan AP II sejak dan sampai berlakunya angkutan Lebaran dari Kementerian Perhubungan, yaitu H-10 sampai H+10 Lebaran.


Sementara itu untuk pengamanan lewat CCTV juga paling banyak di Bandara Soekarno Hatta. Dari 3.000 CCTV, menurutnya sekitar 2.000 di antaranya terdapat di Bandara Soekarno Hatta.

"Itu total di Bandara Soekarno Hatta saja hampir kurang lebih ada 2.000 CCTV yang mantau," paparnya.

Selain meningkatkan jumlah personel keamanan dan lebih menyiagakan CCTV, AP II juga turut meningkatkan segala bentuk pelayanan keamanan dari sisi Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Dari sisi SOP pastinya kami tingkatkan kesiagaannya juga. Jadi secara SOP random check yang sebelumnya hanya beberapa kali ini diintensifkan, dan lain-lain," pungkasnya.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com