detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 19:56 WIB

Senang Mudik Lancar, Menhub: Bukti Pembangunan Tol Trans Jawa

Jefrie Nandy - detikNews
Senang Mudik Lancar, Menhub: Bukti Pembangunan Tol Trans Jawa Ilustrasi Tol Trans Jawa (Foto: Dok)
Jakarta - Mudik tahun 2019 berjalan lancar tanpa kemacetan panjang seperti tahun-tahun sebelumnya. Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, kunci mudik kali ini karena pembangunan Tol Trans Jawa.

"Dari apa yang kita amati, terutama dari kegiatan transportasi darat, apa yang sudah kita lakukan dalam beberapa tahun ini di mana Indonesia melakukan suatu upaya pembangunan infrastruktur secara sistematis, dengan dibangunnya jalan tol yang menyambung dari Merak sampai ke Probolinggo," ujar Budi Karya di gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Menhub juga senang mendengar kabar pemudik yang dapat menempuh waktu perjalanan dengan cepat. Salah satunya kabar pemudik dari Jakarta-Surabaya yang kini di bawah 10 jam.



"Bahwa tahun 2019 adalah suatu pembuktian bahwa pembangunan infrastruktur (Tol Trans Jawa) itu sangat berguna bagi konektivitas, dari kota ke kota, terutama di Jawa. Ini secara kualitatif dapat ditemui di beberapa media. Katakan dari Jakarta ke Semarang 6 jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta-Surabaya kurang dari 10 jam, satu angka kualitatif yang menggembirakan dan dari kepuasan para pemudik ini," tuturnya.

Selain itu, Budi puas karena angka kecelakaan mudik tahun ini menurun. Angka kecelakaan mudik turun karena menurunnya pemudik sepeda motor.



"Satu hal yang cukup menggembirakan bahwa ada satu data-data yang signifikan, yaitu angka kecelakaan menurun drastis. Dari apa yang disampaikan Kakorlantas, angka kecelakaan ini turun 50 persen dibandingkan dengan tahun lalu," jelasnya.


Simak Juga "Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 8-9 Juni":

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed