detikNews
Senin 03 Juni 2019, 15:39 WIB

Lancar! Mudik dari Depok ke Palembang Hanya 8,5 Jam

Ahmad Toriq - detikNews
Lancar! Mudik dari Depok ke Palembang Hanya 8,5 Jam Foto: Perjalanan mudik Depok-Palembang (M Toriq/detikcom)
Palembang - Perjalanan mudik dari Depok, Jawa Barat, ke Palembang, Sumatera Selatan, hari ini lancar. Total waktu perjalanan hanya 8,5 jam.

Detikcom berangkat dari Kavling UI Timur, Tanah Baru, Beji, Depok, Senin (3/6/2019) pukul 05.40 WIB pagi. Perjalanan menggunakan mobil low MPV.

Tujuan awal tentu Pelabuhan Merak. Perjalanan dari Depok hingga ke Merak memakan waktu sekitar dua jam. Lalin dari Tol Jorr hingga ke Merak lancar.

Antrean kendaraan yang hendak masuk kapal di pelabuhan eksekutif Merak tergolong ramai. Meski demikian, kami tetap bisa masuk ke kapal dengan jadwal berangkat pukul 08.00 WIB, meski pada kenyataannya berangkat pukul 08.30 WIB. Ongkos menyeberang dengan mobil low MPV yang masuk golongan IVA sebesar Rp 579.000.



Seperti diketahui, kapal yang berangkat dari Pelabuhan Eksekutif Merak menempuh waktu penyeberangan ke Bakauheni hanya dalam satu jam. Kapal feri Portlink yang kami naiki sandar di Bakauheni sekitar pukul 09.30 WIB. Proses keluarnya kendaraan memakan waktu sekitar 20 menit.

Keluar dari pelabuhan, kami langsung masuk tol Bakauheni. Menyusuri tol Bakauheni sebentar, kami tiba di gerbang tol Bakauheni Selatan pukul 10.00 WIB. Dari sini, kami menuju Palembang menyusuri tol terpanjang di Indonesia.

Lalin di tol lancar, malah bisa dikatakan sepi. Beton mendominasi jalanan tol. Sepanjang perjalanan, sudah ada sejumlah rest area darurat. Bahan bakar yang dijual hanya dua jenis, satu jenis yang hampir pasti adalah Pertamax, sementara jenis lainnya bisa Bio Solar atau Dex.

Saat ini tol tersebut terbagi menjadi dua bagian, tol operasional yang berakhir di gerbang tol Terbanggi Besar, dan tol fungsional yang dimulai dari gerbang tol Terbanggi Besar hingga Jakabaring, Palembang.



Pengguna tol akan membayar di Terbanggi Besar. Mobil low MPV dikenakan biaya Rp 112 ribu. Lepas dari Terbanggi Besar, perjalanan di tol fungsional tetap lancar. Beton tol tetap halus.

Jalan tak mulus mulai ditemui di seperempat terakhir perjalanan, atau masuk wilayah Kayuagung. Kami memperkirakan jalan tak mulus itu dilalui selama satu jam hingga keluar di Jakabaring. Ya, di Jakabaring. Tol ini tak melewati Indralaya, yang berarti tak melewati tol Palindra.

Total waktu yang dibutuhkan dari gerbang tol Bakauheni Selatan hingga masuk Jakabaring adalah 4 jam. Kami akui memang sedikit ngebut.

Sekitar pukul 14.00 WIB, kami sudah melewati jembatan Ampera yang tersohor. Ada yang masih ragu mudik ke Sumatera?


Bagaimana pengalaman mudik Anda tahun 2019 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!
(tor/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com