detikNews
Senin 03 Juni 2019, 13:05 WIB

Pastikan Arus Mudik ke Madura Lancar, Menhub Tambah 5 Kapal Perintis

Mega Putra Ratya - detikNews
Pastikan Arus Mudik ke Madura Lancar, Menhub Tambah 5 Kapal Perintis Foto: Istimewa
Sumenep - Untuk memastikan arus mudik Lebaran 2019 via kapal laut berjalan aman dan lancar, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Kalianget di Kabupaten Sumenep, Madura.

"Selama tiga tahun kemarin arus mudik di sini belum maksimal. Kami akan menambah 5 kapal perintis untuk penghubung ke pulau-pulau di Madura," ujar Budi Karya, Senin (3/5/2019).

Budi mengatakan penambahan itu dapat menyelesaikan permasalahan terkait mudik yang selama ini terjadi di Madura.

"Kami beri bantuan 5 kapal perintis untuk menyebarkan pemudik dari Jatim ke beberapa pulau ini, dengan kita buat suatu standar yang paling sulit diselesaikan dan kalau sampai sekarang belum ada masalah, insya Allah kita bisa selesaikan sulit sulit yang lain," ucap Budi.

Budi juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang telah mengadakan mudik gratis. Menurutnya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah harus mesra seperti ini.

Sementara itu Khofifah juga berterima kasih atas perhatian Menhub kepada masyarakat Jawa Timur. Dia berharap layanan yang diberikan pemerintah bisa meningkatkan produktifitas masyarakat.

"Terima kasih Pak Menhub, beliau hari ini ingin memastikan seluruh layanan mudik Lebaran dan balik bisa dipastikan lebih baik dari yang sudah-sudah. Mudah-mudahan semua layanan ini bisa tingkatkan kebutuhan dan produktifitas masyarakat di Sumenep," ungkap Khofifiah.

Sementara Watimpres Sidarto Danusubroto yang ikut hadir juga memuji langkah Menhub dalam kesiapan mudik lebaran tahun ini. Menurutnya, pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran.

"Ini adalah hajat publik tiap tahun, kita harus mendukung. Seperti pembangunan sarana dan prasarna, tol sudah terhubung begitu juga pelabuhan dan bandara. Ini patut kita syukuri," jelasnya.
(ega/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com