DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 11:55 WIB

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Makassar Diprediksi H-7

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Makassar Diprediksi H-7 Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar/Foto: Muhammad Taufiqurrahman-detikcom
Makassar - Keberangkatan penumpang di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulsel, diprediksi meningkat 20 persen dibanding tahun sebelumnya. Pelabuhan Tanjung Perak dan Baubau adalah lokasi yang ramai dituju pemudik.

"Kalau mudik ini (puncaknya) sekitar H-7 tetapi sudah berkurang sih puncaknya karena pemudik jauh jauh hari sudah berangkat," kata Kepala Operasi Pelni Makassar, Firman Kurniawan kepada detikcom, Senin (27/5/2019).

Menurut Firman, kebanyakan penumpang kapal menyiapkan diri untuk berangkat jauh hari sebelum Lebaran. Total ada 14 kapal Pelni yang telah disiapkan untuk mengangkut para penumpang.





"Tempat yang paling ramai dituju adalah Surabaya, kedua Baubau, dan Bima. Jika dibandingkan tahun lalu, dan saat ini karena adanya kenaikan harga tiket pesawat maka peningkatan penumpang jadi sekitar 20 persen," terangnya.

Firman mengatakan, tidak ada penambahan kapal untuk mudik tahun ini. Yang ada kata Firman yakni extra rute menuju Labuan Bajo dan Bima.

"Masing-masing kapal sudah sesuai dengan rutenya. Penumpang sudah mempersiapkan diri jangan sampai keberangkatan mereka tertumpuk pada satu kapal," kata da.

Menurut data Pelni, terjadi kenaikan jumlah penumpang secara nasional pada Januari-April 2019 yang mencapai 38 persen. Dari jumlah 825.255 menjadi 1.172.143 orang.

Adapun jumlah penumpang pada cabang Makassar, pada periode yang sama naik dari 72.411 menjadi 116.700 orang.
(fiq/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed