detikNews
Minggu 26 Mei 2019, 14:15 WIB

Sah! Transmart Carrefour Dapat Sertifikasi Halal

Gustia Martha Putri - detikNews
Sah! Transmart Carrefour Dapat Sertifikasi Halal Foto: Satria Hamid, VP CorComm PT Trans Retail menerima penghargaan sertifikasi halal dari Sukoso, Kepala BPJPH di Transmart Padang (25/5/2019) (Dok. Transmart Carrefour)
Jakarta - Tepat di pertengahan bulan suci Ramadan tahun 2019 ini, PT Trans Retail Indonesia resmi menjadi ritel hypermarket pertama yang secara resmi memiliki sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).


Sertifikasi halal ini secara khusus ditujukan untuk aneka produk pangan siap santap yang terdapat di area foodhall, di antaranya berupa produk manufaktur, produk restoran dan produk retailer. Kepemilikan sertifikasi halal menjadi perhatian utama ritel milik Chairul Tanjung ini, pasalnya PT Trans Retail Indonesia senantiasa ingin pelanggan setianya merasa yakin dan aman saat bersantap seraya berbelanja di gerai Transmart dan Carrefour.

"Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya pada hari ini, PT Trans Retail Indonesia kembali mencatat sejarah baru sebagai ritel hypermarket pertama yang secara resmi memiliki sertifikasi halal. Hal ini merupakan concern utama kami, guna dapat menghadirkan keyakinan pelanggan akan rasa aman saat menikmati sajian kami," ujar Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, pada seremoni sertifikasi halal di Transmart Padang, Sabtu (25/5/2019).

Satria mengungkap, sertifikasi halal telah diterima PT Trans Retail Indonesia tidak hanya dari BPJPH saja, namun juga telah didapat dari LPPOM MUI sejak 2 Mei 2019 lalu. Meskipun saat ini baru 2 gerai yang secara resmi telah mendapat sertifikasi halal, Satria berharap perlahan satu persatu seluruh gerai Transmart dan Carrefour di Indonesia segera mendapatkan hal serupa.

"Saat ini kami mulai dari Transmart Padang dan Cilandak Jakarta, kedua gerai ini telah disurvei dan diteliti dari segala aspek yang meliputi syarat-syarat kehalalan. Kami harap hal ini segera dapat diterima oleh gerai kami yang lainnya. Pasalnya, seluruh gerai memiliki SOP yang sama dan diatur dalam regulasi yang ketat pelaksanaannya sehingga bila di dua gerai ini bisa lulus survei halal maka yang lain hanya tinggal menunggu waktu," papar Satria.


Kepala BPJPH Sukoso yang juga turut hadir dalam seremoni dan menandatangani MOU bersama jajaran manajemen PT Trans Retail Indonesia menyampaikan bahwa pemasangan logo halal bukan hanya sekedar pajangan tetapi juga penanda bahwa produk tersebut telah melewati sebuah proses produksi sesuai standar kelayakan konsumsi.

"Adanya logo halal ini menandakan juga bahwa produk yang ditawarkan kepada konsumen ini sudah sesuai standar produk tersebut layak baik secara kualitas maupun kelayakan dikonsumsi," jelas Sukoso.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com