detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 15:44 WIB

Sandi: Sulit Mengatakan Pemilu sudah Berjalan Baik, Jujur dan Adil

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sandi: Sulit Mengatakan Pemilu sudah Berjalan Baik, Jujur dan Adil Foto: Jumpa pers BPN soal gugatan ke MK (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengumumkan pihaknya akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sandi mengatakan gugatan itu diajukan karena pemilu belum berjalan jujur dan adil.

"Sangat sulit untuk mengatakan bahwa pemilu kita sudah berjalan dengan baik, jujur, dan adil," kata Sandi di kediaman Prabowo Subianto, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).


Dia mengatakan pihaknya menerima banyak laporan dari masyarakat soal kecurangan pemilu. Pengajuan gugatan ini dilakukan sebagai bentuk tuntutan masyarakat.

"Kami mendapatkan berbagai laporan dari anggota masyarakat yang melihat dengan mata kepala sendiri dan mengalami banyak ketidakadilan yang terjadi selama pelaksanaan pemilu kemarin," tuturnya.

Sandi menilai semangat masyarakat Indonesia luar biasa. Menurutnya, masyarakat melihat pemilu ini sebagai kesempatan untuk menentukan nasibnya.


Oleh karena itu, menurutnya, perlu ada evaluasi besar terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Sehingga pemilu ke depan makin baik.

"Bagi kami, Prabowo-Sandi, perlu evaluasi mendalam terhadap berbagai aspek pemilu yaitu dari sisi manajerial, pengelolaan data, pengelolaan pemangku kepentingan atau stakeholders, dan berbagai aspek lainnya yang sangat penting dalam pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil," ucapnya.


Soal Pertemuan JK-Prabowo, Sandi: Komunikasi Politik
(mae/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed