detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 11:39 WIB

Soal Berkas Gugatan Hasil Pilpres, MK: Tak Ada Perbaikan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Soal Berkas Gugatan Hasil Pilpres, MK: Tak Ada Perbaikan Jubir MK Fajar Laksono (agung/detikcom)
Jakarta - Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengatakan tidak ada perbaikan berkas permohonan untuk pengajuan sengketa pilpres. Sedangkan batas pendaftaran sengketa pilpres akan berakhir pada hari ini pukul 24.00 WIB.

"Tidak ada perbaikan kalau untuk pilpres. Dan itu berakhir masa tenggat waktu pengajuan permohonan nanti malam Jumat hari ini jam 24.00 WIB," ujar Fajar di MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).


Seperti diketahui Badan Pemenangan Prabowo Sandi direncanakan akan mengajukan permohonan ke MK siang ini. Fajar mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan MK. Menurutnya MK sudah melayani sengkata pemilu 2019 sejak Rabu (22/5) kemarin.

"Intinya MK sejak Rabu kemarin begitu SK penetapan perolehan hasil pilpres ditetapkan oleh KPU, hari Rabu kita sudah siap menerima. Artinya kapanpun apakah hari ini siang nanti atau sore nanti bahkan malam nanti intinya MK sudah siap," kata Fajar.

Fajar menuturkan, hingga saat ini MK belum menerima informasi dari BPN terkait waktu pengajuan permohonan. Namun ia menegaskan MK akan selalu siap melayani pendaftaran sengketa pemilu 2019.

"Tidak ada belum ada informasi terkait datang jam berapa, oleh karena itu ya MK siap saja," kata dia.


Dia mengatakan MK akan menerima semua permohonan sengketa pemilu. Selanjutnya akan dibawa ke pengecekan admisnistrasi hingga sampai di tangan hakim konstitusi.

"Kalau di wilayah ke paniteraan seperti ini tidak ada penolakan berkas permohonan, semua yang dibawa ke level administrasi seperti ini semuanya nanti akan diverifikasi nanti akan sampai di tangan hakim konstitusi," tutupnya.

Berdasarkan keputusan KPU, jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239. Sehingga selisih suara sebanyak 16.957.123.



Denny Indrayana: Sebelum Batas Waktu, Prabowo Ajukan ke MK:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed