detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 17:17 WIB

Naik Ambulans 'Amunisi' Rusuh 22 Mei, Elite DPC Gerindra Dibekali Rp 1,2 Juta

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Naik Ambulans Amunisi Rusuh 22 Mei, Elite DPC Gerindra Dibekali Rp 1,2 Juta Polisi Amankan Ambulans Gerindra yang Membawa Batu untuk Aksi 22 Mei (Samsuduha Wildansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Tiga orang yang naik mobil ambulans dari Tasikmalaya ke Jakarta dibekali uang operasional sebesar Rp 1,2 juta. Ambulans berlogo Gerindra ini ternyata membawa batu diduga untuk 'amunisi' kerusuhan 22 Mei.

"Jadi di dalam perjalanannya dibekali uang Rp 1,2 juta untuk operasional, ada uangnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Ambulans ini dibawa dari DPC Gerindra Tasikmalaya sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (21/5). Tiga orang yang berangkat ke Jakarta adalah sopir berinisial Y, Sekretaris DPC Gerindra Tasikmalaya berinisial I, dan Wakil Sekretaris DPC Gerindra Tasikmalaya berinisial O.





"Intinya bahwa ada perintah ketua DPC, bertiga berangkat ke Jakarta," imbuh dia.

Saat ambulans berada di HOS Cokroaminoto, Jakpus, dua orang berinisial HS dan SGC ikut naik ke ambulans. Dua orang ini disebut Argo berasal dari Riau.

Sekitar pukul 04.00, Rabu (22/5), kelima orang itu berangkat ke Bawaslu menggunakan ambulans. Ada saksi melihat massa perusuh mengambil batu dari ambulans.

"Sekitar jam 04.00 WIB, terjadi lemparan-lemparan antara petugas dengan pengunjuk rasa di pagi hari itu. Ada lemparan lemparan kemudian ada saksi yang melihat bawa batu diambil dari mobil tersebut. Kemudian tim menyisir dan menemukan mobil itu dan dibawa ke Polda," ujar Argo.




Dalam pemeriksaan sementara, tersangka belum memberikan keterangan mengenai batu yang berada di mobil ambulans.

"Pelaku belum memberi keterangan batu itu yang masang siapa, inisiatif siapa, perintah siapa, masih kita dalami," katanya.





Para tersangka dijerat Pasal 55, 56, 170, 212, dan 214 KUHP. Ancaman hukuman pidana penjara, disebut Argo, lebih dari 5 tahun.



Ambulans Pembawa Batu Dikirim atas Perintah DPC Gerindra Tasikmalaya:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fjp)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed