detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 16:48 WIB

NasDem Pamer Anggota DPR Perempuan Lebih dari 30% di Periode 2019-2024

Elza Astari Retaduari - detikNews
NasDem Pamer Anggota DPR Perempuan Lebih dari 30% di Periode 2019-2024 Foto: Johnny G Plate. (Haris Fadhil/detikcom).
Jakarta - Partai NasDem ada di urutan ke-4 perolehan terbesar kursi DPR RI periode 2019-2024. Partai pimpinan Ketum Surya Paloh itu pun mamamerkan keterwakilan perempuan yang lebih dari batas 30%.

"Partai NasDem mengutus 19 orang kader perempuan Partai NasDem mengisi keterwakilan perempuan di DPR RI periode 2019-2024, dari keseluruhan jumlah anggota terpilih sebanyak 59 orang setara 32,2%," ujar Sekjen NasDem, Johnny G Plate kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).

Keterwakilan perempuan minimal 30% dalam politik diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Johnny menyebut NasDem berkomitmen untuk mendorong partisipasi perempuan untuk terlibat dalam politik.


"Keberpihakan NasDem dan komitmen partisipasi politik perempuan perlu juga disosialisasikan pada publik," ucapnya.

Johnny mengatakan, DPP NasDem memberi apresiasi kepada jajaran daerah yang telah memfasilitasi kader perempuan untuk maju sebagai caleg. Bahkan NasDem disebutnya membuat rekor baru, yakni untuk daerah NTT.

"Kami juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran DPW NasDem NTT dan caleg-caleg nya yang telah menghantar 2 kader perempuan dari dapil NTT 2 menjadi anggota DPR RI. Sebuah rekor politik baru dan capaian luar biasa bagi profil politik NTT," sebut Johnny yang merupakan anggota DPR petahana.

NasDem juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada rakyat yang telah memberikan kepercayaan kepada kader-kader NasDem untuk menjadi wakil di parlemen, terutama kepada kader-kader perempuan.


"Terima kasih atas kepercayaan rakyat kepada kader politik perempuan NasDem yang dari waktu ke waktu terus bertambah," tutur Johnny.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, NasDem berada di posisi ke-5 besar. Namun setelah hasil suara partai dikonversi untuk perhitungan kursi di DPR, NasDem berada di posisi ke-4 setelah NasDem. Total ada 59 kursi yang berhasil didapat NasDem di DPR RI.

"Itu kami dari internal konversi berdasarkan hasil rekapitulasi KPU ya. PKB lebih sedikit walaupun suaranya lebih banyak dari NasDem. Karena ada kursi-kursi di dapil tertentu yang butuh kursi lebih besar. PKB kan suara besarnya di Jawa. Kalau di Jawa dan kota-kota besar rata-rata kursinya tinggi-tinggi suaranya," urai Johnny sebelumnya.

Berikut Anggota DPR perempuan dari NasDem untuk Periode 2019-2024:

1. Lestari Moerdijat (Dapil Jateng II)
2. Sri Wulan (Dapil Jateng III)
3. Eva Yuliana (Dapil Jateng V)
4. Sri wahyuni (Dapil Jatim VII)
5. Perca Lianpuri (Dapil Sumsel II)
6. Sri Kustina (Dapil Sumsel II)
7. Lisda Hendra (Dapil Johni Sumbar II)
8. Delmeria Sikumbang (Dapil Sumut II)
9. Felly E Runtuwene (Dapil Sulut)
10. Hillary Briggita Lasut (Dapil Sulut)
11. Yessy Melanie (Dapil Kalbar II)
12. H. Hasnah Syam (Dapil Sulsel II)
13. Eva Rataba (Dapil Sulsel III)
14. Tina Nur Alam (Dapil Sultra)
15. Ratih Mega Sari (Dapil Sulbar)
16. Kristiana mukti SPD (Dapil NTT II)
17. Ratu Ngadu Bonu Wulla (Dapil NTT II)
18. Ari Eghani (Dapil Kalteng)
19. Ina Elisabeth (Dapil Papua)
(elz/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed