detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 14:19 WIB

Koalisi Prabowo Persilakan PAN Bila Ingin Gabung ke Jokowi

Tsarina Maharani - detikNews
Koalisi Prabowo Persilakan PAN Bila Ingin Gabung ke Jokowi Foto: Habiburokhman (Dok. Pribadi)
Jakarta - PAN berbicara soal kemungkinan mereka bergabung ke Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang mengusung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menanggapi santai.

"Sejak awal kami senantiasa menghormati pilihan politik mereka, hingga saat ini pun kami tetap menghormati," ujar Ketua DPP Gerindra, Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).


Habiburokhman mengatakan Koalisi Adil Makmur tidak mengekang partai koalisi yang tergabung bersama mereka. Ia pun menegaskan saat ini Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga tengah fokus mempersiapkan gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Mau koalisi dengan siapa saja ya, terserah mereka. Kalau kami masih konsentrasi menuntaskan perjuangan di MK," tegasnya.


Sebelumnya, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi sempat berbicara soal kemungkinan PAN merapat ke koalisi Jokowi-Ma'ruf. Viva mengatakan PAN membuka diri untuk bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Telah ditegaskan bahwa PAN menerima hasil pilpres. Ada aspirasi dari dalam bahwa PAN sebaiknya bergabung di koalisi pemerintahan. Alasannya bukan untuk mencari roti kekuasaan dan posisi di pemerintahan. Namun pertimbangannya adalah untuk memperkuat barisan pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik, bersih, dan berwibawa," jelas dia.


Ia memastikan PAN tidak akan mengganggu hubungan di antara parpol koalisi Jokowi. Kendati demikian, Viva menegaskan keputusan itu akan ditetapkan Zulkifli dalam Rakernas PAN.

"PAN memahami dan mengerti suasana kebatinan partai koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf yang sejak awal telah berjuang berpeluh keringat. PAN tidak akan mengganggu dan mengusik hubungan mereka dengan Jokowi-Ma'ruf," ucapnya.

"Sikap PAN itu akan diputuskan oleh Ketua Umum, Bang Zulkifli Hasan, melalui Rakernas yang mengundang pengurus wilayah PAN se-Indonesia," imbuh Viva.


AHY Apresiasi Sikap Prabowo Tempuh Jalur Konstitusi:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed