detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 09:15 WIB

Duka dan Kenangan Jemaah Az-Zikra Akan Sosok Karismatik Ustaz Arifin Ilham

Farih Maulana Sidik - detikNews
Duka dan Kenangan Jemaah Az-Zikra Akan Sosok Karismatik Ustaz Arifin Ilham Ustaz Arifin Ilham semasa hidupnya. (Foto: Rachman Haryanto)
Bogor - Kepergian Ustaz Arifin Ilham menyisakan duka bagi jemaah Az-Zikra. Salah seorang jemaah mengaku merasa kehilangan sosok Ustaz Arifin yang telah menjadi panutannya.

"Saya langsung merasa sangat kehilangan yang selama ini menjadikan beliau sebagai panutan. Beliau orang yang istikamah menjalankan ibadahnya, menjalankan sunah-sunah Rasul. Beliau tidak hanya berbicara, tapi melakukan apa yang beliau katakan," ujar salah seorang jemaah, Muhammad Khairul Saleh (53) di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019).


Ustaz Arifin meninggal dunia di usia 49 tahun pada Rabu (22/5) malam setelah sebelumnya ia berjuang melawan penyakitnya dan sempat dirawat di Penang, Malaysia. Khairul berharap ada sosok yang dapat meneruskan perjuangan Ustaz Arifin di jalan dakwah.

"Untuk yang ditinggalkannya semoga diberikan ketabahan, kekuatan, keimanan bahwa ini takdir Allah. Insyaallah, mudah-mudahan ada Arifin Ilham lainnya yang meneruskan perjuangan beliau, dakwah beliau," tutur Khairul.


Jemaah lainnya yakni Muhammad Jaiz mengenang pesan-pesan Ustaz Arifin semasa hidupnya untuk tidak meninggalkan salat hingga menghidupkan malam dengan qiamulail. Jaiz juga mengingat pedoman hidup Ustaz Arifin.

"Beliau selalu mengingatkan dengan 7 sunah bahwa itu jangan pernah ditinggalkan salat, salat malam, baca Alquran. Semua pesan-pesan dia jangan sampai itu ditinggalkan, karena itu bisa jadi bekal kita ketika dipanggil Allah SWT," kata Jaiz.


"Yang kami tidak bisa lupakan bahwa beliau itu adalah mempunyai slogan yaitu jadilah kita sebagai manusia benang tasbih," imbuh Jaiz.

Saat ini, jemaah terus berdatangan ke Masjid Az-Zikra dan membacakan tujuh surat Alquran untuk Ustaz Arifin. Jenazah ustaz Arifin diterbangkan sekitar pukul 10.00 waktu Penang dan akan dimakamkan di Pondok Pesantren Az-Zikra, Gunung Sindur, Bogor.

Tonton video 'Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia, Larissa Chou: Terima Kasih Abi':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed