detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 13:36 WIB

Jl Jatibaru Tanah Abang Mulai Kondusif, PPSU Bereskan Sampah Bekas Rusuh

Alfon - detikNews
Jl Jatibaru Tanah Abang Mulai Kondusif, PPSU Bereskan Sampah Bekas Rusuh Jalan Jatibaru Tanah Abang pada Rabu (22/5/2019) pukul 13.00 WIB. (Alfon/detikcom)
Jakarta - Situasi di Jalan Jatibaru Raya mulai berangsur kondusif setelah sempat rusuh. Saat ini, PPSU atau pasukan oranye tengah berjibaku membersihkan bekas kerusuhan.

Pantauan detikcom di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) pukul 13.00 WIB, suasana sudah mulai kondusif. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pasukan oranye untuk membereskan benda-benda yang dipakai ataupun yang rusak selama ricuh.


Terlihat 16 petugas pasukan oranye bekerja sama menyapu dan mengangkat sampah bekas kericuhan. Sampah-sampah seperti abu, bekas ban yang dibakar, batu-batu, dan pecahan kaca disapu PPSU.

Salah satu koordinator pasukan oranye Kelurahan Cideng, Saiful (38), mengungkap sempat takut ketika disuruh bertugas di lokasi ricuh. Namun dia tetap menjalankannya karena sudah diperintah atasan.

Jl Jatibaru Tanah Abang Mulai Kondusif, PPSU Bereskan Sampah Bekas RusuhJalan Jatibaru Tanah Abang pada Rabu (22/5/2019) pukul 13.00 WIB. (Alfon/detikcom)

"Ya takut waktu tahu disuruh ke sini kita, tapi ya udah perintah dari atas mau gimana lagi," kata Saiful di lokasi.


Saiful mengaku hari ini ada 63 petugas oranye yang bertugas dan dibagi menjadi 3 shift. Lalu Saiful juga mengungkap istri dan anaknya berpesan agar hati-hati saat bekerja hari ini.

"Tadi keluarga pesen hati-hati kerjanya, ada anak 3 di rumah sama istri," ucapnya.

Dia juga menitip pesan agar masyarakat berhenti ricuh dan segera berdamai.

"Ya harapan saya kita damai ajalah, antara umat beragama, antar-pendukung damai-damai aja," ungkapnya.


Kedatangan TNI ke Jl Jatibaru meredakan kerusuhan. Pendemo sempat melakukan dialog dengan anggota TNI.

"Ayo, tolong sudah ya, sudah cukup. Tolong bantu kami. Ayo sudah, masa mau lempar-lemparan terus. Ingat keluarga di rumah," kata Serda Riadi.
(maa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed