detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 23:50 WIB

SBY Lega Prabowo Tempuh Gugatan Lewat MK

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
SBY Lega Prabowo Tempuh Gugatan Lewat MK Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku lega karena calon presiden Prabowo Subianto memutuskan menggugat hasil Pilpres 2019 lewat Mahkamah Konstitusi (MK). Berarti, Prabowo menempuh jalur sesuai dengan konstitusi.

"Kembali saya bersyukur dan lega karena Bapak Prabowo dalam menyampaikan penolakan atau gugatannya terhadap hasil pilpres yang dihitung oleh KPU akan dilakukan melalui jalan konstitusi," kata SBY dalam keterangan pers lewat video kepada wartawan, Selasa (21/5/2019) malam.



"Tafsiran saya, (yang dimaksud Prabowo) melalui Mahkamah Konstitusi, jalan yang dibuka dan disediakan oleh konstitusi kita," kata SBY.

Dia juga lega karena KPU telah mengumumkan hasil perolehan suara Pemilu 2019. Ini dinilainya menjawab segala keraguan soal kemampuan KPU dalam menyelesaikan tugasnya tepat waktu.

"Kita juga bersyukur dan lega, karena isu akan terjadinya aksi-aksi kerusuhan massa pada saat KPU mengumumkan perolehan suara ini, utamanya hasil Pilpres 2019, alhamdulillah, tidak terjadi, paling tidak pada hari ini," kata SBY.



Dia berdoa kepada Allah SWT agar situasi Indonesia terus aman. Namun negara perlu menjamin agar aksi protes tetap bisa dilakukan sesuai dengan konstitusi. Protes harus dilakukan tanpa mengganggu keamanan.

"Kuncinya adalah protes apa pun dapat dilakukan secara bertanggung jawab, tertib, dan damai," kata SBY.


(dnu/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed