detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 21:13 WIB

5 Terduga Teroris di Garut Hendak Susupi dan Serang Aksi 22 Mei

Audrey Santoso - detikNews
5 Terduga Teroris di Garut Hendak Susupi dan Serang Aksi 22 Mei Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Polisi mengatakan lima terduga teroris yang diamankan di Jalan Raya Malangbong, Garut, Jawa Barat, hendak menyusup di kerumunan massa aksi 22 Mei. Diketahui kelimanya diamankan dalam perjalanan dari Tasikmalaya menuju Jakarta.

"Ya, mau menyusup ke aksi dan melakukan serangan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).



Dedi menuturkan saat ini Satgas Antiteror Polda Jawa Barat sedang mengembangkan penyidikan guna mengetahui koneksi kelima terduga teroris ini dengan kelompok teroris lainnya.

"Ini lagi dikembangkan sama Densus wilayah Jabar untuk koneksinya ke (kelompok JAD) Jakarta atau Bekasi," tutur Dedi.



Diberitakan sebelumnya, kelima terduga teroris tersebut ditangkap oleh Satuan Gabungan (Satgab) Polres Garut, Kodim 0611, dan Brimob Polda Jabar. Penangkapan dilakukan pada sore hari tadi, pukul 16.00 WIB.

Awal tertangkapnya kelima terduga teroris bermula dari kegiatan penyekatan jalur Limbangan. Anggota di lapangan kemudian mendapat informasi adanya kelompok teroris yang berangkat ke Jakarta menggunakan mobil warna hitam dengan pelat nomor Z-1682-WY.



"Namun pada saat mengetahui adanya giat razia, akhirnya mereka balik arah. Kemudian aparat yang sudah mendeteksi keberadaannya kemudian melakukan pengejaran dan berhasil menangkap para pelaku diduga teroris tersebut," terang Dedi sebelumnya.

Setelah ditangkap, kelima terduga teroris dibawa ke Mapolres Garut untuk diperiksa lebih lanjut. Dedi menuturkan identitas kelima terduga teroris adalah S, Y, AH, B, dan J.
(aud/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed