detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 20:12 WIB

Jokowi-Ma'ruf Menang, PKB Siap Kawal Peningkatan Kualitas Pesantren

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jokowi-Maruf Menang, PKB Siap Kawal Peningkatan Kualitas Pesantren Foto: Daniel Johan (tengah) bersama Presiden Joko Widodo dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: dok pribadi
Jakarta - PKB memberikan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin yang telah diumumkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh KPU. PKB pun siap mengawal program-program Jokowi yang di periode keduanya akan didampingi oleh mantan Rais 'Aam PBNU itu.

"Alhamdulillah, ini kepercayaan yang akan terus kita jaga dengan sebaik-baiknya, selamat kepada Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf yang berhasil mendapat kepercayaan rakyat sebagai presiden dua periode," ujar Wasekjen PKB Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (21/5/2019).

PKB menegaskan siap membantu Jokowi-Ma'ruf Amin dalam masa kepemimpinan 5 tahun mendatang. Daniel menyatakan partainya siap mendorong pemerintahan Jokowi ke depan untuk mengurangi impor agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.


"PKB sebagai partai koalisi akan menjadi kekuatan yang menjaga keberhasilan kepemimpinan Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf dan secara aktif akan mendorong peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat dengan membangun industri kerakyatan yang mendukung industri nasional sehingga tidak terus menerus mengandalkan bahan baku semata," tutur Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Daniel pun mengatakan PKB siap mengawal kebijakan Jokowi di periode keduanya pada 2019-2024. Salah satu program yang siap dikawal PKB adalah soal peningkatan kualitas sumber daya manusia, termasuk dari pesantren seperti yang telah dijanjikan oleh Jokowi.

"Agar Indonesia semakin berdikari di segala bidang, termasuk agenda pendidikan dan peningkatan kualitas dan karakter SDM yang semakin berkualitas melalui sekolah-sekolah dan pesantren dan menciptakan keadilan sosial yang semakin meluas," sebut Daniel.


Diketahui, KPU telah menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2019. Jokowi-Ma'ruf unggul 55.50% sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 44.50%.

"Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239," ujar komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik dalam rapat pleno KPU di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (21/5) dini hari.

Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed