detikNews
Senin 20 Mei 2019, 18:31 WIB

Jelang 22 Mei, Perguruan Tinggi Se-Sulsel Ingatkan Jaga Keutuhan Bangsa

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jelang 22 Mei, Perguruan Tinggi Se-Sulsel Ingatkan Jaga Keutuhan Bangsa Perguruan tinggi se-Sulsel mengingatkan untuk menjaga keutuhan bangsa. (Taufiq/detikcom)
Jakarta - Menjelang pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019 pada 22 Mei, forum pimpinan perguruan tinggi se-Makassar mengingatkan elemen masyarakat untuk menjaga kesatuan. Perbedaan sikap politik harus dipandang secara wajar.

"Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga perdamaian, mengedepankan persatuan dan persaudaraan, bersikap saling menghargai terhadap adanya perbedaan, serta selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok," kata Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam deklarasi di kampus Unhas, Makassar, Senin (20/5/2019).



Dikatakannya, perbedaan pendapat dan sikap politik harus disikapi secara wajar selama bersifat rasional dan proporsional serta berada dalam koridor negara hukum berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.



Bukan hanya itu, Dwia juga menyatakan sudah saatnya Indonesia menunjukkan kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin.

"Pengalaman dalam ber-Bhinneka Tunggal Ika, dalam bertoleransi, serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan adalah bukti nyata yang diakui dunia," terangnya.

"Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, yang disertai semangat persaudaraan merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan kedaulatan, keadilan, dan kemakmuran bangsa di tengah kemajemukan," sambung dia.



Energi kebersamaan ini, lanjut Dwia, akan terus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa.

"Serta menghindari menghabiskan energi dalam perselisihan dan perpecahan," ujarnya.


Simak Juga '50 Ribu Personel Gabungan Siap Amankan Aksi 22 Mei 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(tfq/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed