detikNews
Senin 20 Mei 2019, 10:43 WIB

Kodam: Kabar Serda Supran Meninggal karena Cacar Monyet Hoax

Raja Adil Siregar - detikNews
Kodam: Kabar Serda Supran Meninggal karena Cacar Monyet Hoax Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Palembang - Pihak Komando Daerah Militer II/Sriwijaya menepis kabar tersebar di media sosial soal prajurit TNI yang disebut meninggal karena penyakit cacar monyet (monkeypox).

"Berita itu tidak benar, karena belum ada informasi resmi (cacar monyet), laporan medis juga belum ada karena yang tahu dari pihak rumah sakit," ujar Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan di Markas Kodam Sriwijaya Palembang, Senin (20/5/2019).

Djohan membenarkan adanya prajurit TNI di jajaran Kodim 0410 Kota Bandar Lampung--jajaran Kodam II/Sriwijaya--yang meninggal, yakni Serda Supran Sidah. Namun dipastikan itu bukan karena cacar monyet.


"Memang ada sakit (Serda Supran) dan dirawat, Jumat (17/5) malam di Jakarta, besok paginya meninggal. Tapi itu akibat Almarhum mengalami kulit hipersensitif, terus kena virus protozoa dan TBC. Jadi bukan karena kena cacar monyet," tegas Kapendam.

"Hingga saat ini belum ada kasus itu (cacar monyet) terjadi di Indonesia dan itu baru terjadi di Singapura. Sekali lagi saya sampaikan, untuk foto-foto tentang penyakit Almarhum Serda Supran yang beredar di medsos, tidak semuanya benar," kata Kolonel Djohan.


Djohan menyebut Serda Supran sudah dimakamkan di kampung halamannya di Krui, Pesisir Barat, Lampung. Djohan pun berharap kabar tersebut tidak lagi disebarluaskan dan menyebabkan keresahan di masyarakat.
(ras/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com