detikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 22:57 WIB

Ustaz Sambo: Tidak Benar Pak Prabowo Lari ke Luar Negeri, Fitnah!

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Ustaz Sambo: Tidak Benar Pak Prabowo Lari ke Luar Negeri, Fitnah! Ansufri Idrus Sambo (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Ustaz Ansufri Idrus Sambo angkat bicara terkait kabar yang beredar di media sosial tentang capres Prabowo Subianto dan dirinya hendak kabur ke luar negeri. Sambo menegaskan kabar itu fitnah.

"Saya Ustaz Ansufri Idrus Sambo menyampaikan kepada umat, kepada rakyat, kalau ada berita yang mengatakan saya beserta teman-teman yang lain, termasuk di dalamnya Pak Prabowo lari ke luar negeri, itu adalah berita bohong, berita hoax, fitnah, tidak benar," kata Sambo kepada wartawan, Sabtu (19/5/2019).



Sambo mengatakan Prabowo akan selalu berjuang bersama rakyat. Dia memastikan mantan Danjen Kopassus itu akan terus bergerak memenangkan kedaulatan rakyat.

"Insyaallah Pak Prabowo akan selalu berada di Indonesia dan tetap berjuang bersama rakyat. Begitu juga saya, begitu juga dengan para pejuang-pejuang lainnya, para penegak-penegak kedaulatan rakyat. Insyaallah kita akan bersama rakyat," ujar dia.



Sambo juga menyerukan kepada seluruh pendukung dan relawan Prabowo untuk ikut aksi pada 21-22 Mei 2019. Dia ingin kawasan sekitar KPU dipenuhi oleh massa.

"Insyallah mari bersama-sama kita ingat, catat tanggalnya, siapkan diri, jiwa kita, harta kita, tanggal 21 Mei sampai 22 Mei bahkan sampai 25 Mei. Sampai Allah berikan kemenangan kepada rakyat, kita turun secara damai, secara tertib, aman, konstitusional, dijamin oleh undang-undang kita. Kita turun ke KPU melakukan aksi dan di sana kita duduk, berdoa, kita berzikir, kita berbuka puasa dan kita bisa tarawih bersama, kita sahur bersama. Kita penuhi KPU bahkan jalan-jalan protokol sekitar KPU, Jalan Thamrin, Jalan Cokroaminoto, kita penuhi semuanya, sekitar KPU," imbuh dia.

Selain itu, Sambo juga berpesan kepada masyarakat yang tak bisa datang ke Jakarta untuk menggelar aksi di kantor KPU daerah masing-masing. Sambo meminta aksi berjalan damai dan jauh dari tindakan anarkis.

"Kepada saudara-saudara yang di luar Jakarta, yang di daerah-daerah, yang tidak bisa turun ke Jakarta, lakukan aksi-aksi konstitusional di KPU-KPU daerah Anda. Pastikan ini adalah gerakan yang aman, tertib dan damai. Karena ini adalah gerakan konstitusional, jauh dari anarkis, kita buktikan. Insyaallah kita akan mendapatkan kemenangan," bebernya.

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi Kemenkumham menyampaikan Prabowo sempat pergi ke Brunei Darussalam pada 16 Mei. Prabowo bertolak ke Brunei menggunakan pesawat pribadinya.

"Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei 2019, naik pesawat pribadi beliau 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000." kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando kepada detikcom.

Fernando mengatakan Prabowo meninggalkan Tanah Air pada pukul 12.10 WIB. Lalu, Prabowo kembali ke Indonesia pada hari yang sama alias pulang-pergi (PP).

"Arrived pada hari dan tanggal yang sama pukul 20.12," ujarnya.

Sementara itu, koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebut Prabowo bertolak ke Brunei untuk bersilaturahmi dengan Sultan Brunei Daussalam, Hassanal Bolkiah. Dahnil juga menepis kabar Prabowo hendak kabur ke luar negeri.

"Pak @prabowo ke Brunei pada tanggal 16/05/19 hanya satu hari pulang pergi tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam. Jadi, hoax dan fitnah bila menyebut Pak Prabowo ke LN kabur atau jalan-jalan seperti yang dilakukan seword dkk," cuit Dahnil dalam akun Twitter-nya seperti dilihat, Sabtu (18/5/2019).


(knv/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed