detikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 14:16 WIB

Ada 6 Bom Siap Ledak Diamankan dari Rumah Terduga Teroris Bogor Pak Jenggot

Audrey Santoso - detikNews
Ada 6 Bom Siap Ledak Diamankan dari Rumah Terduga Teroris Bogor Pak Jenggot Foto: Audre-detikcom
Cibinong - Polisi menggelar barang bukti perangkat bahan peledak milik terduga teroris Endang alias Abu Rafi alias Pak Jenggot yang diamankan dari rumah tersangka. Barang bukti itu digelar di depan kediaman tersangka.

"Kami amankan 6 botol TATP yang sudah jadi, sudah jadi bom. Lalu ada satu buku berisi cara pembuatan bom," jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di rumah Pak Jenggot, RT 2 RW 3, Nanggewer, Cibinong, Bogor, Sabtu (18/5/2019).


Dedi lalu memperlihatkan satu buku saku yang berisi panduan membuat bom. Selain bom siap ledak, benda berbahaya lainnya yang disita dari kediaman Pak Jenggot adalah jenis senjata tajam, airsoft gun dan replika senjata api.

"Perangkat pembuatan bom seperti gelas ukur kimia, rangkaian detonator paku, panci presto, nitrogliserin, sulfur, urea dan bahan-bahan kimia lainnya," ucap Dedi.

Polisi mengamankan Pak Jenggot di sekitar rumahnya pada Jumat (17/5) pukul 15.30 WIB. Dia diduga terafiliasi dengan jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)


Di rumah tersangka, ditemukan sejumlah barang bukti dari bom jenis TATP atau dikenal juga dengan istilah mother of satan, hingga buku-buku jihad.


Tonton video Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan ISIS di Bogor:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed