detikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 01:40 WIB

BPN Bantah Prabowo ke Brunei: Yang Beredar Itu Foto Lama

Tim detikcom - detikNews
BPN Bantah Prabowo ke Brunei: Yang Beredar Itu Foto Lama Capres Prabowo Subianto saat berada di kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Foto capres Prabowo Subianto tengah berada di bandara yang diduga di Brunei Darussalam beredar. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno memberi penjelasan.

Dalam foto tersebut, tampak Prabowo bersama Waketum Gerindra Sugiono dan Ustaz Sambo. Prabowo tampak mengenakan setelan jas hitam dan berkacamata hitam.


Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar, menjelaskan aktivitas seharian Prabowo selama hari Jumat (17/5) adalah di berada di Hambalang dan Jalan Kertanegara. Dahnil membenarkan foto yang beredar tersebut, namun ia menyebut itu foto lama.


"Siang tadi Pak Prabowo salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jadi adalah fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti Seword ini," ujar Dahnil dalam pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (18/5/2019). Pesan serupa diunggah Dahnil lewat akun Twitter-nya.


Dimintai konfirmasi secara terpisah, jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, membantah isu liar bahwa Prabowo saat ini tengah berada di Arab Saudi. Dalam foto yang beredar di media sosial tersebut, Prabowo juga dinarasikan hendak bertolak ke Arab Saudi. Prabowo diisukan pergi untuk menghindari situasi politik yang memanas pasca-Pemilu 2019.

"Yang beredar itu foto 2 atau 2,5 tahun lalu," ujar Andre.
(mae/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com