detikNews
Jumat 17 Mei 2019, 16:36 WIB

Tiba di Bali, Jokowi Tinjau Kampung Bola Internasional di Kuta Selatan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Tiba di Bali, Jokowi Tinjau Kampung Bola Internasional di Kuta Selatan Foto: Jokowi (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Badung - Usai berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung terbang menuju Bali. Setiba di Bali, Jokowi meninjau Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Untuk diketahui, Desa Kutuh ini sedang mengembangkan pariwisata berbasis olahraga. Saat ini, di desa itu sudah dibangun lapangan bola menggunakan dana desa dan swadaya.


"Karena ada dana desa maka tahun 2018 masyarakat bersepakat menggunakan dana desa untuk pembangunan lapangan ini. Sekitar Rp 780 juta untuk tanah dan rumput lapangan," kata Bendesa Kutuh, Made Wena di lokasi acara, Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali, Jumat (17/5/2019).

Wena menjelaskan usai dibangun, lapangan bola itu langsung dipakai oleh empat tim sepak bola internasional. Dia berharap lapangan sepak bola ini bisa bertaraf internasional.

"Begitu selesai 3 bulan berikutnya lapangan sudah dipakai latihan oleh 4 tim internasional yang saat itu Badung Internasional Football Competition, tapi respons dari tim yang hadir positif tapi ada kekurangan dari sarana dan prasarana agar memenuhi standar internasional," ujarnya.


Wena juga melaporkan laba Rp 14,7 miliar dari penyewaan lapangan sepak bola tersebut. Rencananya sebagian dari laba tersebut akan digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana lapangan sepak bola itu.

"Astungkara tahun kemarin kami mendapat laba Rp 14,7 miliar, maka Rp 5 miliar laba untuk percepat proses bangun kampung bola internasional," harapnya.

Terpisah, Jokowi mengapresiasi inisiatif warga Desa Kutuh untuk mengembangkan sport tourism menggunakan dana desa. Dia juga bangga dengan laba yang berhasil diterima oleh warga Desa Kutuh.

"Ini yang merupakan yang salah satu bisa berhasil betul memanfaatkan dana desa itu untuk kesejahteraan masyarakat. Di desa di sini konsentrasinya di sport tourism misalnya menyewakan lapangan bola untuk latihan, untuk kompetisi internasional, untuk paralayang yang setahun bisa menghasilkan berapa tadi pak, Rp 800 juta, sehingga desa sendiri dapat memiliki revenue per tahun berapa pak, Rp 50 miliar coba bayangkan," kata Jokowi.


Dia berharap pembangunan sarana dan prasarana desa Kutuh ini juga bisa dicontoh di daerah lain. Sehingga diharapkan penyaluran dana desa bisa benar-benar efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Ini yang bagaimana dana desa itu bisa men-trigger ekonomi di sana sehingga masyarakat bisa benar-benar merasakan manfaatnya dan ini sebetulnya bisa dicopy di tempat-tempat lain seperti Sumatera dan Jawa yang memiliki kemiripan ini sebuah keberhasilan manajemen pengelolaan dana desa untuk kemanfaatan masyarakat," puji Jokowi.

Dalam acara ini Jokowi didampingi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prastha.


Simak Juga 'Jokowi Tinjau Kelaikan Kalteng Jadi Ibu Kota Baru: Nemu Feeling-nya':

[Gambas:Video 20detik]


(ams/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed