DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 15:18 WIB

KPU: Penetapan Calon Terpilih Pemilu Paling Lambat 28 Mei

Dwi Andayani - detikNews
KPU: Penetapan Calon Terpilih Pemilu Paling Lambat 28 Mei Arief Budiman (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - KPU menyatakan penetapan calon terpilih dalam Pemilu 2019 dapat dilakukan pada 25 Mei 2019. Namun penetapan itu tergantung ada-tidaknya sengketa yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tetapi kalau nggak ada sengketa sampai tanggal 25 Mei. Kalau tanggal 25 itu batasnya, pagi bisa aja kita tetapkan sore," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakata Pusat, Jumat (17/5/2019).

"Kenapa batasnya sore, apa pagi, itu kan tergantung kita tetapkan (rekapitulasi suara) di sini kapan," sambung Arief.



Saat ini KPU masih melakukan rekapitulasi nasional. Berdasarkan jadwal, penetapan rekapitulasi suara akan dilakukan pada 22 Mei 2019.

"Maka, KPU punya kesempatan 3 hari untuk tetapin calon terpilih, berarti bisa tanggal 26, 27, dan 28 Mei. Kemungkinannya, paling cepat tanggal 26, paling akhir tanggal 28," tuturnya.
Jadwal penetapan calon terpilih dan batas sengketa ini telah diatur dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. Berikut ini isinya:

Pengajuan permohonan sengketa di Mahkamah Konstitusi paling lama 3×24 jam sejak diumumkan penetapan perolehan suara hasil pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota secara nasional oleh KPU.

Penetapan presiden dan wakil presiden terpilih tanpa pengajuan keberatan penetapan hasil pemilu. Paling lama 3 hari setelah berakhirnya batas waktu pengajuan keberatan penetapan hasil pemilu presiden dan wakil presiden kepada Mahkamah Konstitusi.


Bawaslu Tetapkan KPU Langgar Tata Cara Input Situng:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed